Bataramedia.com | Pangkep – Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Politani Pangkep dengan 5 SMKN Prov.SulSel, sekaligus validasi kurikulum IDUKA dari Perikanan dan Pertanian yang diadakan di Hotel Raising Makassar, Jumat (24/10/2020).

Penandatanganan MoU antara Politani Pangkep dan SMKN SulSel disaksikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi SulSel, Bidang Pembinaan SMK yang diwakili oleh Andi Tasri dan dihadiri oleh beberapa Tenaga Pendidik dan Kependidikan UPT SMK Sulawesi Selatan.

Langkah konkret dan kerjasama yang kuat berbagai pihak sangat dibutuhkan, guna menciptakan SDM unggul untuk bersama membangun Pendidikan SulSel yang lebih maju. Demikian pula dengan program “Link and Match” yang terus digencarkan oleh Dinas Pendidikan Prov.SulSel. menbutuhkan konsistensi dan kerja keras, baik dari dunia pendidikan, industri maupun dunia kerja. Akhirnya lulusan SMK bisa nenyesuaikan diri dengan kebutuhan tenaga kerja industri maupun dunia kerja

READ  DPW MOI SULSEL Tolak Wacana Munaslub DPP MOI

Salah satu contoh yang bisa kita lihat dan patut diikuti oleh semua SMK di Sulawesi Selatan adalah SMKN 9 Makassar yang telah berani melakukan gerakan dan gagasan gagasan baru untuk perbaikan Kualitas lulusannya dengan tak henti hentinya membuka ruang dan kerjasama dengan DUDI dengan Istilah “Kawin Massal” oleh Kepala UPT SMKN 9 Makassar ,bahkan berani menghadirkan DUDI untuk duduk bersama para guru dalam penyusunan kurikulum yang dusesuaikan dengan kebutuhan sekolah.

Dengan tujuan menguatkan Kelembagaan pendidikan vokasi agar selaras dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja (IDUKA), maka dilakukanlah “Kawin Massal” yaitu dengan memperkuat kemitraan sehingga tercipta lingkungan kolaboratif dan kondusif yang mampu meningkatkan keterampilan lulusan SMK, sesuai dengan tujuan Pendidikan yang lebih baik di Provinsi Sulawesi Selatan.

READ  Sebanyak 75 Tenaga PPKB Gowa Siap Sosialisasikan Perda Wajib Masker

Dan pada kesempatan ini, tentunya dengan melihat sederet kerjasama dan inovasi inovasi yang telah dilakukan SMK 9 Makassar sebagai sampel dan barometer, maka terlaksana lagi Penandatanganan MoU antara 5 SMKN di SulSel antara lain adalah SMKN 6 Jeneponto, SMKN 4 Bantaeng, SMKN 6 Sidrap, SMKN 2 Pinrang dan SMKN 3 Takalar. Sekaligus Validasi Kurikukum IDUKA dari Perikanan dan Pertanian.

Semoga dengan semakin luasnya kerjasama dan sinergitas antara DUDI dan SMK di Sulawesi Selatan bisa menghadirkan SDM yang unggul dan mempuni di Sulawesi Selatan seperti Icon SMK,” SMK bisa SMK Hebat.

 

Laporan : Tw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here