Workshop Asesmen Kompetensi Minimal (AKM)dan Program Khusus bagi ABK PK-PLK Wilayah III

102

BATARAMEDIA.COM | Senin, 21 Juni 2021, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) melaksanakan Workshop AKM dan Program bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 1 Pangkep.

Ketua Panitia Workshop, H. Syarifuddin, S.Pd selaku tuan rumah melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi tentang AKM dan Program Khusus ABK pada Sekolah Luar Biasa yang berada di Wilayah III PK-PLK. Workshop dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 21-22 Juni 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang guru berasal dari 10 Sekolah Luar Biasa Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Sidrap, Pinrang dan Enrekang.

Ketua K3S PK/PLK Wilayah Ill, Mansyur, S.Pd, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan, hanya karena pandemi covid 19, sehingga selama ini dilaksanakan secara daring. Baru kali ini dilaksanakan secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat. Melalui Workshop ini diharapkan guru dapat meningkatkan kompetensinya dalam memberikan layanan pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik dengan kesulitan belajar tambahnya.

READ  Innalillahi Wa Innailaihi Raji'un Keluarga Besar SMKN 4 Gowa Turut Berdukacita Atas Berpulangnya Bapak Drs. H. Amiruddin, AM.,MM

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Pangkep, HM. Syarkawi Ramly, SE,MM, mengucapkan banyak terima kasih dengan dilaksanakannya kegiatan ini. Beliau dalam arahannya menyampaikan bahwa Sekolah Luar Biasa lebih awal menjadi kewenangan dan tanggung jawab pemerintah provinsi sebelum diberlakukan UU No. 23 Tahun 2014, yang mengamanatkan kewenangan pengelolaan SMA/SMK diserahkan kepada pemerintah provinsi yang efektif diberlakukan pada tahun 2017 lalu.

Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transpormasi pengelolaan pendidikan. Salah satunya adalah dengan dihapuskannya Ujian Nasional diganti dengan Asesmen Nasional. Jadi sangat tepatlah kalau whorkshop kali ini lebih fokus kepada persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional.
Syarkawi menambahkan bahwa dalam pelaksanaan Asesmen Nasional terdiri 3 bagian yaitu, Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar, yang bertujuan untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

READ  Prof Jufri Boyong Semua Pejabat Disdik Sulsel ke Sulbar

Diharapkan kepada peserta whorshop, agar mengikuti paparan materi dari narasumber dengan baik, sehingga pengetahuan yang diperoleh nantinya dapat ditransper kepada guru2 yang lain apabila kembali disekolah masing-masing, mengakhiri arahannya.

 

Penulis ; SW

Editor.  ; AB