BATARAMEDIA.COM | KENDATIPUN diguyur hujan deras tidak mengurangi kemeriahan dan semaraknya Pembukaan dan Pelaksanaan Pameran Produk Pertanian di SMKN 10 Bulukumba, Kamis (24/6) kemarin.

Pameran produk pertanian yang dilaksanakan 2 hari ini (24-25/6) dibuka Wakil Bupati (Wabup) Bulukumba HA Edy Manaf didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah V Bantaeng – Bulukumba, Haris, S.Kom, MM, Kadisdik Bulukumba Drs. Ahmad Januaris, M.Pd, Kadispora Bulukumba, dan Kepala Seksi Pembinaan SMK dan PKLK Abdul Sattar, S.Pi, MM, serta beberapa pejabat Pemkab Bulukumba

Melalui Pameran Produk Pertanian ini, Wabup Edy Manaf berharap siswa-siswi SMK dapat termotivasi untuk menjadi petani milenial. Selain itu, menjadi media dan lumbung informasi bagi kaum milenial untuk menjadi petani milenial yang baik.

“Pameran produk pertanian yang digelar di SMKN 10 Bulukumba sungguh luar biasa. Saya tidak menyangka kalau kegiatan pameran produk pertanian berlangsung semeriah ini dan seluar biasa ini,” ucapnya kagum.

READ  Prof Jufri Resmikan Penggunaan 4 RPS SMK di Bone

Menurut Wabup Edy Manaf, di masa pandemi Corona yang melanda saat ini hanya sektor pertanian yang bisa bertahan, hanya petani yg bisa betahan, dan sektor pertanianlah tumpuan pendapatan kita di tengah mewabahnya Covid-19 saat ini.

Olehnya itu, petani kita harus merubah mainzet yang selama ini tidak bangga jadi petani. Padahal anak-anak mereka sekolahkan dan bisa jadi insinyur, bisa jadi bupati, dan bisa jadi orang hebat, semua pembiayaan sekolahnya dari hasil pertanian, makanya kita harus bangga sebagai petani.

Apalagi di Bulukumba ini lahan pertanian sangat luas dan memerlukan petani yang memiliki sumberdaya yang mumpuni. Saat ini kita butuhkan sekarang ini, melalui kegiatan pameran seperti ini adalah lahirnya petani-petani milenial yang bangga menjadi petani seperti di luar negeri, mereka sangat bangga kalau jadi petani.

READ  80 Siswa SMK Darul Ulum Panaikang Bantaeng Ikuti Sosialisasi Kader Kesehatan Remaja

“Kita di Indonesia bangga kalau jadi PNS, di luar negeri sana seperti Thailand, Jepang, dan negara-negara eropa sana mereka sangat bangga kalau jadi petani. Minzet masyarakat kita inilah yang kita harus robah supaya bangga jadi petani,” harap Wabup Edy Manaf.

Dengan adanya pelaksanaan pameran produk pertanian dengan tema “Petani Muda Milenial, Saatnya Bergerak!” Ini, Wabup Bulukumba memberi apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pihak Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Politeknik Pertanian Gowa dan Disdik Sulsel melalui Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Bantaeng – Bulukumba atas terselenggaranya pameran ini.

“Kami di jajaran Pemkab Bulukumba berharap agar kegiatan-kegiatan pameran produk pertanian seperti ini untuk tetap digiatkan di masa-masa mendatang agar siswa-siswa kita termotivasi untuk menjadi petani milenial yang baik,” harap Mantan Legislator Sulsel ini.

READ  Kacabdisdik Wilayah V Gencarkan Sosialisasi Pentingnya Vaksin di Setiap Momentum Peringatan Maulid

Usai membuka Pameran, Wabup Bulukumba HA Edy Manaf bersama Kacabdisdik Wilayah V Bantaeng-Bulukumba Haris, S.Kom, MM dan Kasi Pembinaan SMK dan PKLK Abdul Sattar, S.Pi, MM, mengunjungi seluruh stand pameran dan menyaksikan langsung produk pertanian yang dipamerkan oleh siswa-siswi SMK se-Wilayah Bulukumba.

Stand Pameran yang dikunjungi Wabup adalah SMKN 10 Bulukumba, SMKN 2, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 8, SMKN 10, dan SMKN 11 Bukukumba. Termasuk mengunjungi stand-stand pameran SMK yang bukan jurusan pertanian yang juga ikut memamerkan hasil produk unggulan masing-masing sekolahnya seperti busana, baut, dan lainnya.

 

Penulis. : HS

Editor.     : AB