BATARAMEDIA.COM | Dalam Masa pandemi Covid-19 pembelajaran terasa masih belum efektif meskipun sudah dilaksanakan tatap muka terbatas.

UPT SMAN 9 Bone tetap memprogramkan Dzikir bersama setiap hari Jumat dilaksanakan di mushallah UPT SMAN 9 Bone. Selain itu juga diprogramkan untuk mengkhatam Al-Qur’an 7 (tujuh) kali dalam sepekan  dengan cara membentuk kelompok 30 siswa. Setiap tingkatan terbentuk 1 kelompok dan 2 kelompok untuk organisasi ekstra yaitu Rohis dan OSIS serta 2 kelompok 30 untuk guru. Setiap siswa dan guru pada kelompok itu bertanggung jawab 1 juz dalam sepekan dan bacaan  Al-Qur’an tersebut disetor (dilaporkan) pada pada setiap hari Jumat setelah literasi Al-Qur’an melalui WA group pada guru pembina masing-masing, begitu juga bapak/ibu guru menyampaikan kepada guru yang mengkoordinir dengan membuat list pada group WA. Selama 30 pekan siswa dan guru sdh mengkhatam Al-Qur’an satu kali melalui program ini.

READ  Sekretaris Disdik Sulsel Buka Kegiatan Penilaian Dupak Guru dan Pengawas

Program ini sudah berjalan 3 pekan yang lalu. Kata Drs. Muhdar, M.Pd, selaku Kepala Sekolah. Program ini merupakan terobosan UPT SMAN 9 Bone dalam rangka mendukung Program pemerintah membiasakan membaca Al-Qur’an, selain itu juga bermanfaat untuk mengurangi waktu siswa dan guru 30 s.d 45 menit berinteraksi dengan HP selama sepekan dengan menggati bembaca Al-Qur’an, dan  bisa juga siswa dan guru membentuk kelompok-kelompok di lingkunan keluarganya.

Selain ini diharapkan juga program khatam Al-Qur’an ini mampu membangun penguatan nilai-nilai karakter siswa sebagaimana yang tercantum pada salah satu poin profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

Program ini terselenggara atas kerja sama dan dukungan bapak dan ibu  guru. Semoga program ini bisa bermanfaat dan bisa berkesinambungan, insya Allah, papar Muhdar.

READ  Disdik Sulsel Bersama BPJS Ketenagakerjaan Bertekad Lindungi Guru, Prof Jufri Teken MoU dengan Pimpinan BPJS

 

Penulis : UDN

Editor.  : AB