Bataramedia | Makassar – Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar mewisuda 734 Sarjana secara offline  (luring) dan daring di hotel Claro, (24/12/2020).

Hadir Ketua APTISI Pusat Prof. Dr.Ir. Budi Djatmiko, M.Si. M.EI,, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, M.Agr Kepala  L2DIKTI diwakili Kabag Kelembagaan, Sistem Informasi dan Kerjasama, Munawir Razak, S.IP, MA dan Bupati  Takalar. Turut hadir, Rektor Universitas Muslim Maros, CEO of Napaleon Hill Indonesia, Ketua IBI PD Sulsel,  Ketua IBI Pengurus Cabang Kota Makassar, DPD PPNI Makassar, Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia  Perwakilan Sulsel, Koordinator Phintraco Securitas Cabang Makassar, Ketua Badan Pendiri Yayasan Indonesia
Timur (YIT), Ketua YIT, Wakil ketua YIT, Ketua BPH YIT, Ketua Badan Pengawas YIT, para Anggota Senat UIT,  para pejabat struktural dan dosen lingkup UIT.

Rektor UIT, Dr. Andi Maryam, S.ST, M.Kes dalam rapat senat luar biasa itu melaporkan, pihaknya persembahkan 734 Sarjana, lulusan dari 21 Program Studi (prodi). Lulusan ini merupakan salah satu bentuk wujud tanggung  jawab UIT pada bangsa dan negara dan karya UIT.
Berdasarkan data, 95 persen dari seluruh alumni UIT telah mengabdikan ilmunya di berbagai instansi pemerintah  maupun swasta yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota Makassar maupun luar daerah.

READ  Makassar Mayor Trophy Fourth

UIT terakreditasi 18 Prodi selama kurun waktu 2 tahun terakhir dengan perolehan Akreditasi B 15 Prodi, dan Akreditasi C di 3 Prodi. Berdasarkan klasterisasi Pendidikan Tinggi 2020, UIT secara nasional urutan 467 yang termasuk dalam Klaster 4. Tahun sebelumnya UIT urutan 1072 .Rektor mengatakan, UIT target buka Prodi S3 Program Doktor Administrasi Publik dan Program Doktor Kesehatan  Masyarakat. Termasuk perubahan nomenklatur D3 Analis menjadi Ahli Teknologi Laboratorium Medik, D4  Kebidanan menjadi Sarjana Terapan Kebidanan.Tahun 2021, UIT akan akreditasi Institusi dan mengembangkan kerjasama dengan Industri untuk Aplikasi Kampus  Merdeka dengan Magang Industri.

Penghargaan khusus diberikan ke Dewan Pembina UIT, Prof.Dr. Budi Djatmiko, MEI dengan membuka akses  kesempatan UIT di tingkat Nasional diikutkan dalam acara tingkat Nasional. Penghargaan khusus diberikan ke Prof.Dr. Jasruddin, M.Si atas bantuan dan perhatian yang diberikan atas  kemudahan dan koordinasi dan penyelesaian masalah UIT dan juga peningkatan kualitas dan.mutu UIT.
Sebagai Rektor, akan terus terbuka terhadap berbagai pemikiran cerdas dari seluruh civitas Akademika dan para  Alumni UIT termasuk wisudawan hari ini, itu demi masa depan UIT yang lebih baik, kata rektor.

READ  Mengatasi Dampak Banjir, Bhabinkamtibmas Polsek Lilirilau Lakukan Hal ini

Kepala L2DIKTI Prof.Dr. Jasruddin, M.Si dalam sambutannya dibacakan Kabag Kelembagaan, Sistem Informasi  dan kerjasama, Munawir Razak S.IP, MA mengatakan, wisudawan hari ini, menunjukkan kepada ortu dan  keluarga serta masyarakat, kalian generasi muda bangsa yang bisa dibanggakan.
Dikatakannya, visi pendidikan Tinggi Nasional, membentuk sistem Pendidikan Tinggi sehat bermutu serta  menghasilkan insan yang beriman, bertaqwa, cerdas dan terampil.Oleh karena itu, pendidikan tinggi di Indonesia harus bermutu dan relevan kebutuhan pembangunan Nasional serta berkontribusi secara nyata dan ber daya saing bangsa, ujar Munawir.

Pendiri Yayasan Indonesia Timur yang juga anggota DPR-RI, H.Haruna MA, MBA dalam sambutannya secara  Virtual mengucapkan selamat kepada wisudawan dan para ortu yang telah membiayai kuliah anak-anaknya  hingga selesai. Kami apresiasi dan bangga atas kinerja Rektor UIT, Andi Maryam. Dia mampu mengangkat nama baik UIT dan  mendapat penghargaan sebagai Perguruan Tinggi dengan peningkatan kinerja tertinggi 2020 dalam ajang LLDIKTI Wil.IX Award Sulawesi,” kata Haruna seraya mengatakan, kedepan pihaknya akan bangun pesantren dan rumah sakit gratis di Gowa.

READ  GANN Bantaeng Lakukan aksi peduli kemanusiaan kepada korban kebakaran

Rangkaian kegiatan, penyerahan cendera mata wisudawan terbaik tingkat Universitas, Lusia Dinding (Fakultas  Pertanian), Muh. Asis (Fakultas Hukum), Hastuti (Fakultas Ekonomi).
Selain itu, dosen berprestasi diwakili, Ucok Sinaga, S.Kom, MT (Fakultas Komputer), Dewi Isnaeni, S.Si, M.Kes  (Fakultas Farmasi).Tenaga Kependidikan Kinerja terbaik diwakili, Muh. Arsyad, S.Pdi, MM (Kepala PDPT), Badriani Badawi, S.ST,  M.Kes (Sekretaris Rektor Bagian Administrasi). Pejabat struktural kinerja tinggi diwakili, Keluarga Almarhum Prof.Dr.H.A.M. Arafah Pettenreng, SH, MH (Mantan  Dekan FH), Rahmawati, S Pd, M.Sc (Ketua LPPM), Muhammad Yunus (Ketua Prodi S1 Ilmu Administrasi) Dilanjutkan Penandatanganan Kerjasama UIT, Universitas Muslim Maros (UMM), Pemkab Takalar, DPW JOIN,  Napoleon Hill Foundation Indonesia, dan Rilis MoU UIT dengan Bursa Efek Indonesia Sulsel

Laporan : JS

Editor.    : Ts