BATARA MEDIA.COM | Makassar. Saya harus Kompeten, itulah yang ada di benak Marsya Imel Priatna siswa kelas X Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP) SMKN 9 Makassar yang akrab dipanggil Imel setelah bertemu dan diberi motivasi oleh Israr Anwar, A.PI., salah seorang Manager di PT.Global Maju Pratama pada saat kegiatan kunjungan Industri siswa APHP SMKN 9 Makassar di dua Industri Pengolahan Hasil Perikanan berskala Internasional pada hari Kamis (18/03/2021), yakni CV. Buana Laut Nusantara yang berlokasi di KIMA dan PT. Global Maju Pratama di Patte’ne Business Park.

Semangat dan antusias, siswa APHP untuk belajar langsung di Industri sesuai dengan kompetensi keahlian yang digelutinya sangat terasa meskipun pandemi Covid-19 masih mewabah. Ini sangat luar biasa bu, kata Imel kepada Ketua Program Studi APHP Muthahharah Muchtar, S.Pi., M.Si., kami banyak mendapat pengetahuan dan wawasan kami sekarang lebih terbuka, ternyata jurusan kita ini sangat dibutuhkan oleh Industri, lanjut Imel yang didampingi sahabat karibnya Nur Rifka Adzani Dewi dengan antusias.

READ  DPRD JENEPONTO GELAR PARIPURNA PENETAPAN RENJA TAHUN ANGGARAN 2021

Lebih jauh Muthahharah, mengatakan bahwa Program Studi APHP merupakan salah satu jurusan unggulan di SMKN 9 Makassar, meskipun baru dibuka pada tahun ajaran 2020/2021 dan kondisi peralatan prakteknya masih terbatas, tetapi minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di jurusan ini terbilang tinggi, hal ini berkat dukungan industri yang telah bekerja sama dengan pihak sekolah.

Hal ini dikuatkan oleh Anwar Karim, S.Pi. Direktur CV. Buana Laut Nusantara yang menyatakan bahwa pintu perusahaan kami terbuka lebar bagi siswa SMKN 9 Makassar utamanya jurusan APHP yang ingin belajar langsung di Industri. Selanjutnya Anwar menegaskan bahwa antara perusahaan dengan SMK perlu ada kolaborasi yang kuat dan sinergitas yang tinggi, perusahaan kami akan selalu mendukung peningkatan kompetensi siswa yang dilakukan oleh pihak SMKN 9 Makassar. Ini ada empat orang alumni dari SMKN 9 Makassar yang tahun lalu Prakerin (PKL) di tempat kami, karena saya lihat mereka kompeten serta memiliki karakter dan sikap yang bagus, maka langsung saya rekrut jadi karyawan di CV. Buana Laut Nusantara, kuncinya.

READ  Presiden Jokowi Lantik Menteri dan Wamen Kabinet Indonesia Maju

Disela-sela kesibukannya Kepala SMKN 9 Makassar, Drs. Muhiding, M.Si mengatakan bahwa konsep link and match antara Industri dengan SMK perlu di-bumi-kan, dalam artian bahwa konsep ini jangan cuma khayalan dan angan-angan belaka, tetapi perlu di buktikan dengan recruitment alumni SMK yang sesuai dengan standar atau kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan, kami sangat salut kepada pihak CV.

Buana Laut Nusantara atas dukungan dan support aktif dalam peningkatan kompetensi siswa SMKN 9 Makassar selama ini, yang pasti bahwa pendidikan dalam menyiapkan tenaga terampil dan siap kerja bukan hanya tanggung jawab sekolah sebagai garda terdepan, tetapi Industri pun diharapkan terlibat langsung bersama SMK dalam proses menyiapkan sumber daya manusia unggul dan berkarakter.

READ  Pengurus Remaja Masjid Babussalam Batulabbu gelar Upgrading dan Raker Masa pengurus 2020-2024

Insha Allah dengan dukungan pihak Industri, maka saya yakin cita-cita SMKN 9 Makassar menjadi SMK Pusat Keunggulan bidang kemaritiman akan terwujud, tutupnya.

 

Penulis ; PC

Editor.   ; TS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here