BATARAMEDIA.COM | Kepala Seksi Pembinaan SMK, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Makassar-Maros, Hamran, S.Pd., MM hari ini Senin (1/11/2021) membuka kegiatan Workshop Guru di SMKN 9 Makassar.

Hamran yang hadir didampingi Rama, ST., MM., Pengawas Pembina SMKN 9 Makassar dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf Ibu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Makassar-Maros yang tidak bisa hadir membuka acara Workshop yang bertema Peningkatan Kemampuan Guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), secara langsung. Beliau menitip salam kepada seluruh guru dan staf administrasi SMKN 9 Makassar utamanya kepada saudara Panca Wardana, selaku penanggung jawab kegiatan yang juga merupakan peserta Diklat Calon Kepala Sekolah (CKS) yang dilaksanakan atas kerja sama antara Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, LPMP Sulsel dan P2

READ  Kacabdisdik Wilayah V Hadiri Workshop di SMAN 15 Bulukumba, Kepsek Laporkan Belum Miliki Ruangan Kerja

Lebih jauh Hamran mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini sebaiknya dilaksanakan setiap saat oleh SMK-SMA, bisa dalam bentuk Workshop atau bisa juga yang lebih sederhana seperti IHT, mengapa, karena kegiatan seperti ini dapat me-refresh guru-guru kita, utamanya dalam menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi sesuai kebutuhan dan berpihak kepada peserta didik, sehingga nantinya di sekolah akan terwujud profil pelajar Pancasila, sebagaimana yang kita harapkan.

Selanjutnya Rama, ST., MM, selaku narasumber dalam kegiatan Workshop ini mengatakan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat cocok diterapkan di SMK karena peserta didik akan melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintetis, dan pengolahan informasi lainnya untuk menghasilkan berbagai bentuk belajar yang sangat dekat dengan pekerjaan nyata di lapangan. Lebih jauh, Rama menjelaskan tentang karakteristik PjBL, kelebihan dan kekurangan PjBL serta bagaimana cara mengatasinya, serta sintaks atau langkah-langkahnya, dan ditutup dengan penugasan dan pembimbingan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) model PjBL.

READ  Andi Muhammad Irfan AB, di Hari Guru, Pimpin Deklarasi Guru Bermutu, Chaidir Syam, Terima Kasih DPK Sulsel

Kepala SMKN 9 Makassar, Drs. Muhiding, M.Si., mengatakan bahwa kegiatan Workshop ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Proyek Kepemimpinan pada Diklat Calon Kepala Sekolah (CKS) yang diikuti oleh saudara Panca Wardana, S.Pi., dimana seorang CKS harus mampu merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, mengontrol dan mengevaluasi sebuah kegiatan di sekolah.

Menutup kegiatan Workshop, Muhiding berpesan kepada semua guru peserta Workshop, utamanya kepada adindaku Panca Wardana, agar selalu mengutamakan kolaborasi dan komunikasi, karena ini merupakan salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan semua kegiatan, dengan kolaborasi maka semua akan kuat, dengan komunikasi maka semua akan berjalan lancar, tegasnya.

 

Laporan :  PNC

Editor.    : AB