BATARAMEDIA.COM | Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Bulukumba yang saat ini diketuai Drs. Muhammad Ramli, M.Si kembali melakukan pertemuan rutin di Rumah Makan Star Inn, Jalan Sam Ratulangi, Bulukumba, Kamis (10/6) kemarin.

Pertemuan MKKS SMK Bulukumba kali ini fokus membahas progres persiapan pameran produk pertanian yang rencananya akan digelar 24-25 Juni mendatang di SMKN 10 Bulukumba.

Pameran produk pertanian ini adalah program yang diinisiasi dan digagas oleh Kemeterian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa, red) yang akan dilaksanakan di SMK di beberapa daerah di Sulsel, termasuk di SMKN 10 Bulukumba.

Pelaksanaan pameran produk pertanian di SMKN 10 Bulukumba ini nantinya akan dipasang beberapa stand pameran, dan sekolah yang akan ikut andil memamerkan produk pertaniannya terdiri SMKN 2 Bulukumba, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 8, SMKN 10, dan SMKN 11 Bulukumba.

READ  Prof Jufri: PPDB Afirmasi Berjalan Lancar

Bahkan beberapa SMK di Bulukumba yang memiliki produk tapi bukan hasil pertanian juga ingin berpartisipasi memanfaatkan momentum pameran ini untuk memamerkan hasil-hasil produknya, seperti produk baut SMKN 6 Bulukumba dan produk-produk lain yang dimiliki beberapa SMK di Bulukumba.

Keinginan ini disambuat baik dan diapresiasi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah V Bantaeng – Bulukumba, Haris, S.Kom, MM yang pada MKKS SMK kali ini didampingi Kepala Seksi Pembinaan SMK dan PKLK Abdul Sattar, S.Pi, MM dan Pengawas Bina SMKN 10 Bulukumba, Dr. mran Mappiare, M.Pd

Oleh itu, Kacabdisdik Wilayah V yang berlatarbelakang Jurnalis ini, meminta kepada seluruh kepala UPT SMK yang ada di Bulukumba untuk bergotong-royong untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan pameran ini nantinya, terutama SMKN 10 Bulukumba yang menjadi tuan rumah pelaksanaan pameran.

READ  Gedung Workshop MAN 1 Bone Tunggu PHO. Ini Harapan Kepsek

Demikian juga dengan sekolah-sekolah (SMK) yang akan menjadi peserta pameran, persiapannya harus betul-betul matang karena momentum pameran produk pertanian ini akan kita jadikan sebagai ajang promosi produk-produk siswa-siswa SMK di Bulukumba,” tegas Haris yang berdarah Bugis Sinjai – Bone ini.

Sementara Kasi Pembinaan SMK dan PKLK Cabdisdik Wilayah V, Abdul Sattar, dalam penjelasannya menyampaikan bahwa pameran pertanian (open day) yang dilaksanakan di SMKN 10 Bulukumba ini, merupakan salah satu kegiatan Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS).

Progran pameran pertanian ini akan dilaksanakan di SMK-PP atau SMK umum yang mempunyai jurusan pertanian dan mempunyai lokasi yang layak serta strategis untuk pelaksanaan kegiatan pameran pertanian (open day).

READ  Plt Kadisdik Sulsel Pantau PTM-T di Makassar dan Minta Evaluasi Akhir Bulan

Pada kesempatan pameran ini juga nantinya, tambah Sattar, akan digelar sosialisasi Program YESS, penampilan-penampilan seni bagi siswa-siswi SMK Bulukumba, Bazar Produk Pertanian, dan beberapa atraksi pembuatan produk pertanian serta kegiatan-kegiatan lainnya.

“Di kegiatan pameran ini, selain menyiapkan stand-stand pameran untuk SMK, juga disiapkan stand pameran untuk kementerian pertanian. Maka dari itu, diminta kepada seluruh SMK agar berkolaborasi dan bergotong-royong mempersiapkan dan mensukseskan kegiatan ini, ” harap Sattar yang berdarah Makassar – Bantaeng ini.

 

 

Penulis ; HR

Editor.   : AB