BataraMedia.com | Maros – SMK Tridharma Maros melakukan peresmian dan MoU dengan PT. Midi Utama Indonesia, Tbk Cabang Maros Teaching Factory Alfa Midi Class Laboratorium Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran

Kegiatan yang dihadiri oleh  Kepala Sekolah SMK Tridharma Mansyur, S.Pd., M.Si, Direktur PT. Midi Utama Cabang Maros Didit Suryadi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Pengawas Sekolah SMK Tridharma Kamaruddin, S.Pd., M.Pd.

“Dalam laporannya kepala SMK Tridharma mengatakan bahwa ini merupakan link and match antara SMK Tridharma dengan Alfa Midi dimana Alfa Midi membuka outlet permanen dalam kampus SMK Tridharma dan siswa/i yang menjadi karyawan baik kasir maupun pelayanan.”Ujarnya.

Sedangkan Direktur PT. Midi Utama mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah awal dan yang pertama dengan SMK untuk kabupaten Maros dan akan terus dikembangkan dengan menerima siswa dari SMK Tridharma jurusan Bisnis dan Pemasaran untuk Prakerin/magang di semula Alfa Midi yang ada di Maros serta nantinya siswa/i yang telah menyelesaikan studynya akan diterima langsung bekerja di Alfa Midi.”Tutur sang di rektur

READ  MoU antara Politani Pangkep dengan 6 SMKN Prov.Sulawesi Selatan Pada Upacara Wisuda Lulusan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

Di tempat yang sama Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setingginya atas kegiatan ini dan berharap bahwa kerja sama ini betul-betul merupakan link and match antara SMK dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) yang ibarat hubungan harus betul-betul selevel menikah dan menghasilkan banyak anak bukan hanya sebatas seremoni tanda tangan MoU dan peresmian tetapi harus ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan kolaborasi dan sinergitas yang saling menguntungkan untuk menghasilkan lulusan SMK dengan kualitas SDM yang unggul dan kompeten dibidangnya.

“Kerjasama ini harus betul-betul lonk and match mulai dari penyusunan Kurikulum yang sesuai dan disinkronkan dengan kebutuhan Industri, pelibatan guru tamu dari PT. Midi utama untuk masuk mengajar di SMK Tridharma, persiapan magang/prakerin siswa yang telah dirancang dari awal, pemberian sertifikasi kompetensi sampai kesiapan PT. Midi utama untuk menerima lulusan SMK tridharma bekerja.”

READ  BAZNAS dan Kanwil Kemenag Prov. Sulsel Sepakat Kuatkan Dunia Filantropi Islam

Selain peresmian alfa midi class, SMK Tridharma juga mengembangkan satu produk kuliner sendiri berupa Bakso Ikan Tuna. Bakso tuna dipilih sebagai produk yang dikembangkan di SMK Tridharma sebagai bentuk variasi lain dari bakso pada umumnya yang berbahan baku daging sapi ataupun daging ayam. Ikan tuna dinilai lebih mudah dijangkau bagi seluruh kalangan dibandingkan penggunaan daging sapi yang relatif lebih mahal. Dengan pengolahan yang tepat, ikan tuna dapat diolah menjadi bakso yang rasanya tak kalah enak dibandingkan bakso sapi. Siswa SMK Tridharma dilatih menentukan bahan baku ikan tuna yang segar dan bagaimana mengolahnya dengan baik mengikuti standar GMP (Good manufacturing Practice) pada pengolahan pangan utamanya produk ikan, dan ini merupakan tindak lanjut dari program Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Bapak Prof. Dr. Muhammad Jufri, M.Si., M.PsI., Psikolog berupa “One School One Product”. Bakso Tuna Tridharma ini akan dipasarkan di wilayah Kab. Maros termasuk di outle-outlet Alfa Midi yang ada di Maros.

READ  KETUA PANITIA PELANTIKAN HPMB HARAPKAN KESBANGPOL TAK BUAT GADUH MENJELANG PELANTIKAN PP-HPMB

 

Laporan : Andi Batara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here