SAATNYA KoAliSi FORUM INSAN PERS Se Sulawesi – Selatan BESIKAP

99

BATARAMEDIA.COM | Buntut Panjang Pelecehan Jurnalis, Puluhan Wartawan Gelar Aksi Damai di Dinas Pendidikan

Puluhan Wartawan yang tergabung dalam Forum Lembaga Insan Pers dan beberapa pengacara mewakili seluruh wartawan di Indonesia, mengunjungi Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Jl.Perintis Kemerdekaan Km.10 Tamalanrea Makassar, Rabu,(13/10/2021).

Aksi damai tersebut adalah buntut panjang dari pelecehan profesi wartawan oleh becce, oknum anggota Komite Sekolah SMA Negeri 5 Makassar beberapa waktu lalu.

Para jurnalis melakukan orasi dan pernyataan sikap, meminta Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan untuk mencopot Kepala UPT SMAN 5 Makassar dan memecat becce dalam kepengurusan Komite Sekolah SMAN 5 Makassar.

Ketua PW.MOI (Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia)Sulawesi Selatan, Abdul Halim, SH.,M.Par, yang juga koordinator aksi damai menyampaikan orasinya bahwa tugas jurnalis merupakan tugas mulia yang di lindungi Undang – Undang.

READ  Indikasi Dugaan Penyalahgunaan Wewenang Jabatan Kepala UPT SMAN 4 Makassar

“Setiap orang secara sengaja melawan hukum dan melakukan tindakan yang berakibat menghambat dan menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat 18 Undang -Undang Pers Tahun 1999 maka akan dipidana penjara paling lama 2 tahun atau denda Rp.500.000.000 (lima ratus juta). Jika kasus ini dielakkan maka roh dan martabat insan pers akan hancur seluruh dunia, bahkan hancur di makassar. Jangan lagi ada becce-becce lain yang mencoba melawan dan mendiskreditkan profesi wartawan, “Tegas Halim.

Sementara Kasubag umum Kepegawaian dan Hukum, Muh.Hazairin,SH.,MH, mewakili Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan mengucapkan penghargaan yang sebesar besarnya kepada seluruh rekan rekan media yang hadir dalam aksi damai ini dan menyampaikan pernyataanya bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan sangat menjunjung tinggi profesi wartawan dan dibuktikan dengan koordinasi dan komunikasi Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan sampai detik ini dengan rekan wartawan sangat bagus dan terjaga dengan baik.”Adapun bila ada oknum oknum di luar Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang dalam kapasitasnya tidak menghargai profesi wartawan, kami tegaskan bahwa itu di luar kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Dan terkait masalah ini sudah sampai pada level pimpinan dan akan dilakukan tindakan sesuai peraturan dan Undang- Undang yang berlaku,”Ungkap Hazairin.

READ  NENEK 60 TAHUN DI LUWU UTARA MINTA KEADILAN ATAS HAK TANAH MILIKNYA KE PEMERINTAH

 

Penulis : HLM

Editor.   : AB