BATARAMEDIA.COM | Sebanyak Rp 86 juta Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2021 Desa Kembang Ragi Kecamatan Pasi’masunggu dilaporkan kecurian dirumah kontrakannya Jl Hamang DM Lorong II Kelurahan Benteng Selatan Kecamatan Benteng Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan, Selasa (10/08/21) sekitar pukul 07.00 Wita pekan lalu. Menurut sumber yang layak dipercaya menyebutkan jika berita kehilangan itu disampaikan langsung oleh Kepala Urusan Keuangan Desa Kembang Ragi, Ardan Saputra pada sore hari itu juga. Akan tetapi saat dikonfirmasi kepada Kepala Desa Kembang Ragi, M. Ikbal Labbi mengaku tidak mengetahuinya. Sementara Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor Kepulauan Selayar melalui Kepala Unit Pidana Umum (Kanit Pidum), Aipda Kaharuddin membenarkan.

“Adalah benar jika pada Selasa (10/08/21) sekitar jam 07.00 Wita, Kepala Urusan Keuangan Desa Kembang Ragi telah kehilangan uang yang baru kemarin Senin (09/08/21) dicairkan di PT Bank Sulselbar Cabang Selayar. Nominalnya mencapai Rp 86 juta dengan rincian sebanyak Rp 50 juta adalah uang pribadi bendahara sedangkan sisanya Rp 36 juta adalah Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2021 Desa Kembang Ragi. Ini adalah pengakuan dari Kaur Keuangan, Ardan Saputra saat melaporkan kepada Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Selayar. Kejadian itu pada pagi hari akan tetapi baru dilaporkan sore harinya.” sumber Bataramedia.com mengungkapkan.

READ  Audiensi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kab.Jeneponto dengan Wakil Bupati Jeneponto H.Paris Yasir,SE

Kepala Desa Kembang Ragi, M. Ikbal Labbi yang hendak dihubungi melalui telfon genggamnya di Benteng Jampea, pada Minggu dan Senin (15-16/08/21) lalu, terkesan tertutup dan tidak memberikan respon meskipun handpohone miliknya aktif. Namun setelah dikirimkan pesan singkat via WhatsAppnya pada Senin, (16/08/21) sekitar pukul 08.32 Wita barulah memberikan respon. Apakah benar Dana BLT Desa Kembang Ragi yang baru dicairkan senilai Rp 86 juta sehari sebelumnya raib dikontrakannya ? Bagaimana kronologis kejadiannya, pak desa ? Iapun menjawab,” Saya tidak tahu.” jawab M. Ikbal Labbi singkat via WA nya.

Kalau pak desa tidak tahu kepada siapa kami akan mempertanyakan ? Dan kalau memang benar pak desa tidak tau akan kami tanyakan kepada Camat Pasi’masunggu atau kepada salah sorang tokoh masyarakat Jampea, Sukran Yusuf untuk melakukan klarifikasi kepada bapak. Tak lama berselang muncul jawaban,” Na, saya sudah salurkan ke masyarakat pada Jumat (13/08/21).” katanya.

READ  Di Hari IWD 2021, Ketua Perempuan Bangsa PKB Ajak Maknai Kepemimpinan Perempuan

Sementara itu, Kepala Urusan Keuangan Desa Kembang Ragi, Ardan Saputra yang ingin ditemui dirumah kontrakannya, Senin (16/08/21) sekitar jam 18.15 Wita sedang tidak ada ditempat. Kata seorang penghuni rumah kontrakan itu, bendahara lagi keluar. Media inipun meminta nomor kontak bendahara akan tetapi seorang perempuan yang mengaku istri Ardan Saputra menyatakan jika nomor kontak suaminya sedang rusak dan tidak dapat dihubungi.

Salah seorang warga Desa Kembang Ragi yang saat itu sedang berada di Pulau Jampea wilayah Kecamatan Pasi’masunggu ketika dikonfirmasi seputar penyaluran bantuan sosial berupa Dana BLT Desa Kembang Ragi pada Jumat 13 Agustus kemarin mengaku tidak mengetahuinya. “Saya sendiri tidak tahu. Sebab biasanya kalau ada penyaluran BLT di desa ini, jauh sebelumnya sudah diinformasikan. Namun jika ada penyaluran Dana BLT pada Jumat kemarin betul-betul saya tidak mengetahuinya. Padahal setahu saya pada hari itu, saya tidak kemana-mana.” paparnya.

Petugas teller pada PT Bank Sulselbar Cabang Selayar yang sempat ditemui media ini mengakui bahwa benar pada Senin 09 Agustus bendahara Desa Kembang Ragi telah mencairkan dana senilai Rp 86 juta. Pernyataan serupapun diungkapkan oleh Pimpinan PT Bank Sulselbar Cabang Selayar saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (19/08/21) kemarin. Ia juga membenarkan jika bandahara Desa Kembang Ragi telah mencairkan dana sebesar yang diungkapkan oleh teller kami. “Benar bahwa pada Senin itu, memang bendahara Desa Kembang Ragi telah mencairkan dana sebesar yang disampaikan oleh staf kami.” katanya polos.

READ  BKPRMI Tompobulu laksanakan festival anak sholeh

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor Kepulauan Selayar melalui Kanit Pidana Umum, Aipda Kaharuddin, juga membenarkan adanya laporan kehilangan berupa uang tunai senilai Rp 86 juta dirumah kontrakan Desa Kembang Ragi Jl Hamang DM Lorong II Kelurahan Benteng Selatan pada sore hari, Selasa (10/08/21) sekitar jam 07.00 Wita. Pelapornya adalah bendahara Desa Kembang Ragi, Ardan Saputra. Namun untuk pelaporannya secara resmi pihak penyidik Pidum Polres sedang menunggu Kepala Desa Kembang Ragi, M.Ikbal Labbi. Sedangkan untuk bendaharanya kita sudah mintai keterangan,”katanya.

 

 

Penulis : DSJ

Editor.   : AB