Bataramedia | Makassar – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, menerima media belajar replika Perahu Phinisi dari Kepala SMK Negeri 3 Gowa, Drs H Karnaedy Bolong, MH di lobby Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Jl Perintis Kemerdekaan Km. 10 Tamalanrea Makassar, Senin (16/11/2020).

Nampak hadir menyaksikan penyerahan replika perahu phinisi, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H Hery Sumiharto, SE.M.Ed, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dra Hj Andi Ernawati, MPd, Kepala Bidang Pembinaan SMA, H Sabri, SPd, MPd, Kepala UPT PTIKP, Dra Hj Andi Hidayati, MPd, Kasubag Umum, Kepegawaian dan Hukum, Firdausi Toputiri, SE.MM.

Kadisdik Sulsel Prof Jufri memberi apresiasi yang tinggi terhadap hasil karya guru dan siswa SMKN 3 Gowa yang begitu monumental dan sarat makna simbolik peradaban orang Bugis Makassar di Sulawesi Selatan.

READ  Kadis Pendidikan Sulsel lakukan Evaluasi dan Monitoring Pembelajaran Daring SMK/SMA & SLB Melalui Vicon

Menurut Prof Jufri, replika perahu phinisi dari SMKN 3 Gowa ini, selain menjadi hiasan interior di Disdik Sulsel, juga menjadi media pembelajaran bagi kita semua. Paling tidak ada sejumlah nilai-nilai kearifan lokal pada perahu phinisi yang bisa kita disimak, seperti nilai kerjasama, keberanian, karakter

“Pelaut ulung kita yang mengajarkan kita tentang karakter, ada visi ke depan, ada unsur komunikasi, keberanian, keuletan, ada kerjasama, komitmen, dan yang lainnya,” tutur Prof Jufri.

Kepala SMK Negeri 3 Gowa, Karnaedy Bolong mengatakan, perahu phinisi yang dipersembahkan ini merupakan karya monumental guru dan siswa SMKN 3 Gowa, khusunya jurusan kriya kayu. Dikerjakan selama kurang lebih sebulan. Bahan-bahannya didatangkan dari kayu pilihan dari Sulawesi Tenggara.
Ia mengharapkan, replika perahu phinisi ini betul-betul menjadi sarana media pendidikan dan memberi manfaat bagi banyak orang.
Karnaedy Bolong mengaku persembahan replika perahu phinisi ini juga merupakan salah satu wujud program one school, one product. Satu sekolah, satu produk.”

READ  Kadisdik Sulsel Peringati Hari Santri Nasional Sambil Roadshow ke Daerah

 

Laporan : JS

Editor     : ab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here