BATARAMEDIA.COM | Kepulauan Selayar  Direksi Lapangan Dinas Perhubungan Propinsi Sulawesi Selatan, Suparman mengungkapkan bahwa PT Putra Jaya yang berkedudukan di Jl AP Pettarani Makassar merasa yakin dan optimis akan mampu merampungkan 100 persen pembangunan rehabilitasi Dermaga Pattumbukang Selayar hingga masa addendum kontrak berakhir 29 Desember 2021 yang akan datang. Sementara itu pihak Konsultan Pengawas dari CV Alymar Lestari Konsultan sudah melakukan pembobotan pekerjaan dikisaran 56 persen hingga, Rabu (03/11/21) kemarin. Sehingga jika terhitung mulai kemarin, masih ada waktu pelaksanaan pekerjaan kurang lebih dua bulan kedepan. Disamping itu, bahan meterial juga sudah ada semua dilokasi.

Suparman menjelaskan,” Aktifitas pengecoran jalur masuk pelabuhan Pattumbukang dimulai sejak 1 Juni 2021 yang lalu dengan menggunakan besi 12 full. Sedangkan untuk ketinggian dasar antara 7 hingga 10 cm dengan ketebalan cor antara 37 sampai 40 centimeter (cm). Memiliki panjang 96 meter dan lebar 10 meter minus trotoar 1 meter pada masing-masing posisi kanan dan kiri.

READ  Peringati Harlah ke-71, Fatayat NU Bantaeng laksanakan Webinar tentang Perempuan dalam Pusaran Radikalisme Teroris

Ia menambahkan, saat ini pihak kontraktor pelaksana sudah melakukan pengecoran velkep dengan ukuran 4×6 meter dengan ketinggian 2,5 meter dan menggunakan alat modern berupa mobil Mikzer dan mobil Kongkrip Pam sebagai upaya untuk mempercepat proses pengecoran. Diperkirakan dalam pekan ini telah selesai dengan menunggu proses pengeringan sampai 12 hari pasca pengecoran dianggap selesai. Sementara itu untuk pemasangan tiang pancang sebanyak 20 titik juga sudah dirampungkan 100 persen sebelumnya. Dan tinggal menunggu proses pengeringan velkep untuk kemudian dilakukan pemasangan Movable Bridge (MB).

Dari estimasi awal akan menggunakan tiang pancang sebanyak 50 batang dengan kedalaman rata-rata 30 meter. Akan tetapi setelah dilakukan pemasangan ternyata kedalamannya mencarai antara 34 meter hingga 38 meter akibat lumpur yang tebal. Itulah sebabnya terjadi penambahan tiang pancang sebanyak 10 batang. Sehingga total tiang pancang yang digunakan sudah mencapai 60 batang.” papar Suparman saat dikonfirmasi media ini disela-sela pelaksaaan pengecoran, Rabu (03/11/21) kemarin.

READ  Kolonel CHB Nur Salam Mallarangan : PERMAS Pemersatu Masyarakat Selayar Rantau

Movable Bridge saat ini juga sudah dalam pengiriman ke Makassar. Dan diperkirakan tiba di Makassar Sulawesi Selatan pada tanggal 8 atau 9 Nopember pekan depan. Sehingga untuk pendistribusiannya ke Pelabuhan Pattumbukang Selayar akan memerlukan waktu selama dua hari dengan menggunakan kapal ferry. Insha Allah pada Rabu atau Kamis (10-11 Nopember) MB itu sudah tiba di Pattumbukang. ” pungkas Suparman menjelaskan.

Sedangkan untuk pemasangan MB juga diperkirakan akan menghabiskan waktu paling tidak dua pekan. Dan tim teknisnya sudah sepekan berada di Selayar. Untuk pekerjaan caswe termasuk trotoar sudah dianggap selesai dan tinggal menunggu pengecetan finishing. Melihat kondisi ini maka pihak kontraktor pelaksana PT Putra Jaya dengan Direktur, Amin Muzakkar merasa yakin dan optimis bahwa rehabilitasi pembangunan dermaga Pattumbukang Selayar yang anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Propinsi Sulawesi Selatan tahun 2021 senilai Rp 13.622.218.000,- akan dapat dirampungkan 100 % hingga masa addendum berakhir 29 Desember 2021 mendatang.

READ  MAN 1 Bulukumba Gelar PAT Berbasis Google Form

 

Penulis : DSJ

Editor.   : AB