BATARAMEDIA.COM | Makassar – Kepala SMAN 10 Makassar, Husaefah Hasan, SPd.MPd kemarin, Jumat (22/10 2021) sunggauh sangat berbahagia dan bangga. Pasalnya, pengresmian Masjid Syahrul Muhajirin yang dirintisnya di SMAN 10 Makassar dihadiri petinggi negeri ini.
Selain hadir meresmikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, ST, juga hadir Wakil Ketua MPR RI, Syarif Hasan. Juga Nampak hadir, Wakil ketua DPRD Sulsel Ni’matullah, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Ir H Imran Jausi, MPd, Sekretaris Disdik Sulsel, H Hery Sumiharto, SE.M.Ed, Kepala Bidang Pembinaan SMA, Asqar, SE.MM, dan pejabat pemerintah setempat.

Husaefah Hasan mengisahkan perjuangan menghadirkan masjid yang megah ini. Mengapa namanya Syahrul Muhajirin? Kata Husaefah, sosok Gubernur Syahrul Yasin Limpo dan Mendikbud Muhajirin Effendy membuat andil besar dalam pembangunan masjid tersebut.
Pembangunannya dimulai dari nol, dikerjakan secara bertahap sesuai dengan kemampuan dana yang ada hingga akhirnya bisa dipergunakan seperti sekarang ini. Biaya pembangunannya, kata Husaefah. 1, 5 milyar rupiah. Dananya dikumpul dari warga sekolah, warga masyarakat sekitar dan donatur lainnya.
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengaku senang dan bangga atas kerja keras Husaifah Hasan bisa menghadirkan masjid yang megah ini. Ia berharap agar dengan adanya masjid di sekolah, para siswa selalu shalat dhuhur berjamaah di masjid sebelum pulang. Shalat dhuhur paling rawan ditinggalkan, katanya.

READ  Uji coba Sekolah Tatap Muka SMP Negeri 2 Majene mulai dilaksanakan

“Harapan kita ke depan, semua sekolah memiliki sarana ibadah sehingga anak-anak kita dapat dijamin kegiatan shalatnya, terutama dhuhur yang sangat rawan untuk ditinggalkan,” ujar Andi Sudirman.

Masjid Syahrul Muhajiran adalah masjid kedua yang diresmikan Andi Sudirman Sulaiman di lingkungan persekolahan. Masjid pertama di Sinjai.

Andi Sudirman Sulaiman mengharapkan semua sekolah yang ada di Sulsel dapat memiliki masjid atau tempat ibadah. Ia juga menginginkan Masjid Syahrul Muhajirin sebagai pilot project bagi sekolah lainnya.

Karena itu, Andi Sudirman mengharapkan pembangunan masjid di sekolah bisa memakai dana pemerintah dan dapat dianggarkan. “Di sini ada banyak anggota dewan yang hadir bisa membantu menggolkan di dewan,” harapnya.
Wakil MPR RI, Syarif Hasan juga memberi apresiasi atas kehadiran Masjid Syahrul Muhajirin SMAN 10 Makassar. Ia juga memuji program Pemprov Sulsel yang mendorong berdirinya banyak masjid, terutama di sekolah-sekolah.

READ  Disdik Sulsel Bersama Polda Launching Road Show Kebut Vaksinasi Pelajar

“Lima tahun ke depan, saya yakin akan banyak masjid baru beridiri di Sulawesi Selatan,” kata Syarif Hasan.

Kalau di Nusa Tenggara, kita kenal Bima sebagai Kota Seribu Masjid. Di Sulsel, lima tahun ke depan akan lahir provinsi sejuta masjid.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Hery Sumiharto mengatakan, Disdik Sulsel telah mencanangkan Satu Sekolah Satu Rumah Ibadah, dan Gerakan Wakaf Al Qur’an, Satu Guru, Satu Al Qur’an saat memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2021 Lalu.

 

Penulis : ASR

Editor.   : AB