Bataramedia | Pinrang – Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Pinrang berlangsung khidmat,Upacara pengibaran bendera yang sangat terbatas di Halaman Kantor Bupati Pinrang, Selasa (10/11/2020).

Selain upacara bendera untuk mengenang jasa para pahlawan, dilakukan juga ziarah ke Taman Makam Pahlawan TMP Palia yang terletak di Kecamatan Paleteang.
Bertindak selaku inspektur upacara di Taman makam Pahlawan Palia, Bupati Pinrang Irwan Hamid, turut hadir Wakil Bupati Alimin, unsur Forkopimda dan Sekda Andi Budaya.

Upacara peringatan Hari Pahlawan berlangsung sangat terbatas mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang hanya diikuti oleh beberapa unsur TNI dan Polri, Satpol PP, para Staf Ahli, Asisten, para Pimpinan OPD, para Kabag Setda dan para Camat.
Begitu pula saat Upacara Ziarah ke TMP Palia. Unsur pesertanya sengaja dibatasi dengan pertimbangan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

READ  Magister ilmu administrasi negara UIT Sosialisasi pemanfaatan administrasi Digital ke UMKM

Kapolres Pinrang M. Arief Sugihartono selaku Inspektur Upacara dalam sambutan tertulis Menteri Sosial RI menyampaikan bahwa hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua sebagaimana tema Hari Pahlawan tahun 2020 yaitu Pahlawanku Sepanjang Masa

Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka kata Kapolres Pinrang.

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, Kapolres Pinrang menyampaikan bahwa peringatan hari pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

READ  Reses, Anggota DPRD Wajo Sudirman Meru Berkunjung ke Rutan

Nilai-nilai Kepahlawanan seperti Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa rela berkorban pantang menyerah suka membantu bergotong royong perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia ungkapnya

Sementara dalam pelaksanaan Ziarah ditandai dengan penghormatan kepada para arwah Pahlawan dengan mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara Bupati Pinrang Irwan Hamid. Ziarah juga ditandai dengan peletakan karangan bunga di tugu TMP Palia dan penaburan bunga di makam para Pahlawan yang telah berjasa bagi Nusa dan Bangsa ungkasnya,

 

 

Laporan :  muhammad feri

Editor.    : At

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here