Bataramedia | Makassar – Perempuan adalah sosok istimewa yang diciptakan Sang Khalik untuk melengkapi pria dan mendapatkan amanah mengandung, melahirkan, menyusui, mendidik juga membesarkan putra putrinya dengan segenap cinta dan doa terbaik dan terindah.

Namun, pada kenyataannya peranan perempuan tidak hanya sebagai istri dan ibu yang hanya fokus mengurus keluarga. Dapat kita lihat banyak perempuan yang memiliki multiptofesi dan multiperan karena tuntutan situasi kondisi, mengaktualisasi diri, mencari jati diri, emansipasi, dan ingin menjadi pribadi yang mandiri. Oleh karena itu, beragam tantangan dan ujian pun dihadapi dan dijalani banyak.

Dalam rangkaian Aksi Peduli KPII pada ibu Pertiwi dan bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, KPII mengelar kegiatan Bincang Cantik #1 dan #2 yang diselenggarakan secara virtual di Bandung, Makassar, Palu, Jakarta dan di kota lainnya pada Selasa, 22 Desember 2020 sampai Rabu, 23 Desember 2020.

READ  OPINI : Drama percaturan Politik diatas panggung

Nampak Bincang Cantik #1 menghadirkan 9 perempuan Doktor yakni Dr. Venni Oktaviany.,SE.,Ak.,M.Pd, Dr. Ina Heliany.,S.H.,M.H, Dr. Ir. Rini Nur Hasanah.,S.T.,M.Sc.,IPM Dr. Helmi Kamal.,M.HI, Dr. Tri Nurwati.,S.T.,M.T, Dr. Dra. Ida Ayu Komang, Dr. Marni Br Karo.,S.Tr. Keb.,SKM.,M.Kes, Dr. Henni Zainal.,S.Pd.,S.An.,M.Pd

Bincang Cantik #2 menghadirkan 12 narasumber perempuan Magister yakni Maida.,S.Sos.,M.Pd.,M.I.Kom, Rupdi Lumban Siantar.,SST.,M.Kes, Lasmauli Noverita.,S.SH.,MH, Ernauli Meliyana.,S.Kep.,Ns.,M.Kep Choiru Umatin.,M.Pd, Nisma Iriani.,SE.,M.Si, Ai Hayati Rahayu.,S.Si.,M.Pd, Sulfitri husain.,S.Ip.,MA, Emilia Silvana Sitompul.,SST.,M.K.M, Siti Jumhati.,S.ST.,SKM.,M.Kes, Rahayu Dwi Utami.,SE.,S.Pd.,M.Pd, Hj. Mahdalena Hanifah.,S.H.,M.Hum

Kegiatan Bincang Cantik #1 dan #2diketuai oleh Dr. Henni Zainal  Penggagas KPII sekaligus Ketua Umum KPII Pusat Dr. Hj. Rani Siti Fitriani, S.S., M.Hum. (Dosen Tetap Magister Pendidikan bahasa Indonesia Pascasarjana Unpas) hadir untuk memberikan sambutan pembuka pada hari pertama dan memberikan sambutan penutup pada hari terakhir.

READ  Peringati Hari pahlawan di pandemi Covid-19, Pemkab Pinrang Lakukan ini

moderator Bincang Cantik #1 dan #2 adalah Nisma Iriani.,SE,.M.Si, Serepina Tiur Maida, S.Sos.,M.Pd.,M.I.Kom, Dr. Ina Heliany.,S.H.,M.H, Dina Chamidah.,S.Pd.,M.,Si.,M.Kn.,M.H, Dr. Ir. Rini Nur Hasanah.,S.T.,M.Sc.,IPM.

Adapun persembahan KPII lainnya, yang saat ini sedang ditulis oleh Dr. Hj. Rani Siti Fitriani, S.S., M.Hum. (Penggagas dan Ketum KPII Pusat) adalah buku Mutiara Nusantara. Buku tersebut yang berisi tentang biografi singkat empat perempuan Duta Besar KBRI yakni H.E. Siti Nugraha Mauludiah, Dubes KBRI Warsawa Polandia; H.E. Mrs. Rina P. Soemarno, Dubes KBRI Dhaka Republik Rakyat Bangladesh dan Nepal; Y.M. R.A. Esti Andayani, Dubes KBRI Roma Itali, Malta, Cyprus, dan San Marino; Y.M. Niniek Kun NaryatieDubes KBRI Buenos Aires Argentina merangkap Republik Oriental Uruguay dan Republik Paraguay; dan Dr. Hj. Rani Siti Fitriani, S.S., M.Hum. sebagai Penggagas juga Ketum KPII Pusat.

READ  Cegah angka peningkatan stunting di Bantaeng, Fatayat NU Bantaeng Lakukan ini

Selain kegiatan Bincang juga dilaunching buku Cantik, Harapannya setelah terbit buku Cantik, ke depannya akan lahir lagi buku karya perempuan KPII sebagai salah satu bentuk untuk menyampaikan gagasannya, pandangan, hasil penelitiannya, atau perasaannya yang tetap dikaitkan dengan sudut empiris.

Penerbitan buku merupakan salah satu gerakan literasi yang ingin digaungkan oleh KPII sehingga dapat menjadi cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan pembentukan karena banyak pesan edukasi atau pesan moral dalam setiap buku yang diterbitkan KPII salah satunya buku Cantik.

 

Laporan : JS

Editor.    : Ts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here