Batara Media | Bantaeng – dalam peringati hari lahir 1 Dekade Komunitas Pemuda Biangloe (Kompable) Bantaeng yang berlangsung sabtu-Ahad 27-28 Februari 2021 bertempat di aula kantor desa bianloe kecamatan Pajukukang kabupaten Bantaeng

Kegiatan yang dirangkaikan dengan dialog pemuda tersebut  mengangkat tema sinergitas pemuda dan pemerintah dalam membangun desa.

Narasumber dalam dialog tersebut ialah  Drs.H.Sahabuddin wakil bupati Bantaeng, Muh.Amin Rais mewakili pemerintah Desa, Firman Syah Umar mewakili pemuda yang juga dewan pendiri organisasi

Dialog  berlangsung sangat menarik karena dihadiri langsung oleh Ketua dewan penasehat sekaligus Wakil Bupati Bantaeng Drs.H.Sahabuddin yang juga merupakan salah satu putra terbaik yang lahir dan besar Di desa Biangloe.

READ  Cuaca Ektrim, KMP Kormomolin menunda keberangkatan

Perjalanan 1 Dekade Komunitas Pemuda Biangloe adalah perjalanan panjang yg nilainya sangat mahal banyak suka duka perjuangan, pasang surut semangat, keringat dan pengorbanan telah tercurahkan hingga sampai di usia 1 Dekade organisasi Komunitas Pemuda Biangloe.ucap firman

Firman Syah yang mewakili pendiri organisasi menyampaikan bahwa Kompable ini dibangun dengan pondasi yang sangat kokoh berdasar bada sebuah kesadaran dan keinginan yang tulus dan besar dari pemuda untuk menjadi manusia yang berguna untuk agama bangsa dan negara. Tambahnya”.

Sedangkan H. Sahabuddin yang juga wakil bupati Bantaeng menyampaikan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dalam hal  mendorong agar dapat bersinergi dengan pemerintah desa dalam membangun SDM dan mengawal kebijakan Pemerintah Desa karena pemuda sebagai ujung tombak perubahan. Harapnya”.

READ  Aliansi Anak Petani Bantaeng Tagih Kesepakatan Audiensi

Adapun Rekomendasi  KOMPABLE di 1 dekadenya ialah :
1. Pemerintah desa harus bersinergi dgn pemuda dalam bentuk pembangunan SDM, Seni dan Olahraga.
2. Mendorong pemerintah Desa menjadikan Biangloe sebagai Icon Desa dan kota mini di Kab.Bantaeng
3. Memposisikan pemuda sebagai ujung tombak perubahan
4. Melibatkan pemuda dalam pembahasan rencana pembangunan desa
6. Mengalokasikan anggaran untuk pengelolaan  gedung pemuda dan pemanfaatan perpustakaan Desa.
7. Mendukung KOMPABLE dalam peningkatan usaha kreatif mandiri sehingga menjadi organisasi yang mandiri secara finansial.

Sebelumnya di ketahui ada beberapa hal yang melandasi di bentuknya Kompable. ialah

1. Kesadaran  pemuda akan pentingnya Ilmu pengetahuan
2. Kesadaran akan tanggung jawab sosial sebagai generasi muda
3. kesadaran pemuda akan pentingnya persaudaraan sesama manusia.
4. Mempersiapkan diri sebagai generasi muda yg berakhlak mulia untuk agama, bangsa dan negara “khaerunnas yunfau linnas”
5. Menjadi Sharing fatner bagi pemerintah memastikan bahwa pemerintah dlm mengambil kebijakan untuk kemaslahatan masyarakat secara umum.

READ  Bersama Bupati Lutim, Kakanwil Launching Gerakan Sejuta Koin Wakaf

Laporan : Tiwa

Editor     : Ts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here