BATARAMEDIA.COM | Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Selayar, H Andi Idris, S.Sos mengaku jika saat ini Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Amanat Nasional Kepulauan Selayar masih fokus menunggu Surat Keputusan (SK) penetapan dan pelantikan Ketua DPD II PAN Selayar yang baru, H Ramli Ali dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN pasca meninggalnya Dra Hj Suryani Ramli pada Jumat, (14/05/21) yang lalu di Makassar Sulawesi Selatan.

Hj Suryani Ramli sudah menduduki jabatan Ketua DPD II PAN Selayar namun meninggal dunia sebelum dilantik. Karena itu melalui rapat tim formatur yang terdiri dari Drs Abd Gani, M.PdI, Muhammad Husni, H Andi Idris, S.Sos, Indra, dan Drs Tanribangun Patta telah menetapkan H Ramli Ali sebagai Ketua DPD II PAN Kepulauan Selayar. Sedangkan pengusulan calon pengganti antar waktu, baru akan dilakukan setelah terbitnya (SK) penetapan Ketua DPD II PAN Selayar, H Ramli Ali yang juga suami dari Hj Suryani Ramli almarhumah.

“Baru kemarin kita melaksanakan rapat formatur tentang penetapan Ketua DPD II PAN Kepulauan Selayar, H Ramli Ali. Notulen rapatnyapun kita sudah layangkan ke DPP PAN di Jakarta. Tersisa kita menunggu penetapan dan pelantikan Ketua DPP PAN Selayar yang baru. Karena Ketua DPD II PAN Selayar sebelumnya meninggal dunia sebelum dilantik. Berdasarkan hasil rapat tim formatur yang terdiri dari Drs Abd Gani, M.PdI, H Andi Idris, Muhammad Husni, Indra dan Tanribangun Patta menetapkan H Ramli Ali sebagai Ketua DPD II PAN Selayar.

READ  Pemerintah Kabupaten Bone Kontra Produktif Hadapi Aksi Massa Cipayung

Hasil penetapan Ketua DPD II PAN Selayar ini sedang berproses di DPP PAN Pusat di Jakarta. Termasuk notulen rapatnya juga kita sudah dikirim ke Jakarta untuk dijadikan bahan rujukan dan bahan pertimbangan untuk menerbitkan SK H Ramli Ali sebagai Ketua DPD II PAN Kepulauan Selayar. Setelah SK turun, insha Allah bulan Juni ini juga akan dilantik secara serentak bersama Ketua DPD II lainnya. Dan setelah pelantikan oleh DPP PAN maka proses penggantian anggota dewan antar waktu sudah dapat dilaksanakan. Meskipun belum dilantik tetapi SK dari DPP sudah turun maka sudah bisa memproses PAW yang akan digantikan oleh Ali Yathas, ST. Karena Ketua DPD II PAN Selayar sudah memiliki kewenangan untuk menandatangani berkas dan dokumen yang diperlukan.” ungkap Andi Idris melalui sambungan telephon genggam tadi siang.

READ  Hamsah Calon Kades Worongnge, berikan saya kesempatan untuk ciptakan desa yang maju

Dikonfirmasi via WhatsAppnya Sekretaris DPRD Selayar, Andi Aswar, SH terkait pengusulan penggantian antar waktu anggota DPRD Selayar dari Partai Amanat Nasional pasca meninggalnya Hj Suryani Ramli, beliau menjawab,”Proses pengusulannya ini belum sampai di DPRD Selayar.” pungkasnya singkat siang tadi.

Komisi Teknis Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kepulauan Selayar, Andi Dewantara, SH berpendapat bahwa proses penggantian antar waktu anggota DPRD itu diawali dari Pimpinan DPRD setempat menyurat ke KPUD meminta segala dokumen dan berkas yang diperlukan terkait pengangkatan calon pengganti. Dan hingga saat ini pihak KPUD belum menerima surat usulan nama calon dari pimpinan DPRD Kepulauan Selayar.” tandas dia.

Dalam surat usulan itu yang intinya bahwa PAN di DPRD membutuhkan nama calon Pengganti Antar Waktu (PAW). Setelah surat itu sudah diterima oleh KPUD maka sudah menjadi kewenangan KPUD untuk melengkapi semua persyaratan dan dokumen yang diperlukan oleh DPRD seputar penggantian anggota dewan itu. Adapun limit waktunya hanya lima (5) hari sejak diterimanya surat dari pimpinan DPRD. Termasuk dengan melakukan klarifikasi mengenai kedudukan Ali Yathas, ST saat ini selaku yang memiliki suara terbanyak kedua dari Hj Suryani Ramli pada hasil Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2019 lalu. Apakah yang bersangkutan masih memenuhi syarat atau tidak.” paparnya.

READ  Ketua DPC BMI Bone Andi Akbar Serukan, Ayo Perjuangkan Rakyat

Jika misalkan Ali Yathas sudah tidak memenuhi syarat karena pindah partai politik atau karena sudah berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) maka KPUD setempat akan mengambil langkah untuk kembali mengusul nama yang dibawahnya. Sesuai hasil perhitungan suara Partai Amanat Nasional pada Pemilu Legislatif 2019 di Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Kepulauan Selayar yang meliputi Kecamatan Bontomate’ne, Buki dan Bontomanai, Ali Yathas memperoleh suara sebanyak 980 sedangkan Hj Suryani Ramli 2.253 suara.” kata Dewantara via WhatsAppnya sore tadi.

 

Penulis ; DSJ

Editor.   ; TS