BATARAMEDIA.COM, Kepulauan Selayar Kolonel CHB Nur Salam Mallarangan MBA, putra kelahiran Batangmata Sapo, 26 Nopember 1965 di Kecamatan Bontomatene Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan kini sedang sibuk dan giat-giatnya melakukan silaturrahim dengan sesama warga Selayar yang berdomisili di Propinsi Kepulauan Riau untuk menggagas terbentuknya Persatuan Masyarakat Selayar (Permas) sebuah organisasi kemasyarakatan bagi warga Selayar yang berada dirantau yang berpusat di Makassar Sulawesi Selatan. Meskipun demikian, kesibukannya tidak akan mengganggu dan mengabaikan tugas utamanya sebagai Wakil Asisten Komunikasi dan Elektronika (WaAs Komlek) di Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Kepri.

Pembentukan Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Masyarakat Selayar (DPD Permas) Kepulauan Riau baru akan disusun dengan menghadirkan para tokoh masyarakat Selayar khususnya yang ada diwilayah Propinsi Kepri. Pertemuan itu berlangsung dirumah kediaman Ernawati Tuang Pati di Kampung Jabi Batam pada 23 Agusutus 2021 lalu. Memang sebelumnya kata Nur Salam, Permas itu hanya terbentuk di Kota Batam. Sehingga yang akan kita bentuk kepengurusannya saat ini adalah Permas Propinsi Kepri yang meliputi Kota Batam, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Natuna, Kabupaten Bintan, Kabupaten Anambas dan Kabupaten Lingga.” paparnya.

READ  Peringati Hari Buruh Internasional, Fatayat NU Bantaeng Gelar Dialog Publik tentang peluang buruh di balik UU cipta kerja

Pertemuan kedua tim kecil para inisiator pembentukan kepengurusan DPD Permas Kepri antara lain H Ashady Selayar, Ernawati Akasa, Zaenal Abidin, SE, H Ahmad Dahlan, Muh Syahruddin Rahman, Muhammad Nur dan Samsul Ibrahim yang dihadiri tokoh-tokoh masyarakat Kepri sekaligus sebagai tim penyusun panitia persiapan pelantikan pengurus DPD Permas Kepulauan Riau. Selain itu, kegiatan yang akan dilakukan kedepan salah satunya adalah perkenalan bakal calon Ketua DPD Permas Propinsi Kepri serta pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Permas diseluruh kabupaten dan kota yang memiliki warga Selayar. Inisiatif ini muncul dari Ernawati.” kata Nur Salam Mallarangan.

Lalu kemudian pada Minggu (29/08/21) tim kecil melakukan silaturrahim dengan mantan Walikota Batam dua periode, H Ahmad Dahlan di Kecamatan Sikupang Kota Batam. Pelaksanaan silaturrahim antara tim kecil pembentukan DPD Permas Kepri dengan DPP Permas di Makassar berlangsung pada 31 Agustus sekitar jam 20.00 hingga 23.00 WIB kemarin. Silaturrahim ini diperluas di Kepri karena banyaknya permintaan dari saudara-saudara kita yang ada diluar untuk bergabung sehingga Kepri nantinya akan menjadi tuan rumah yang akan membahas berbagai usulan, masukan dan pendapat untuk membesarkan Permas sebagai upaya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi warga Selayar yang berdomisili di Selayar maupun warga Selayar yang ada dirantau.” tambahnya.

READ  Proyek D.I WARU-WARU Kab.Bone Di Kerjakan Amburadul, Kabid SDA/KPA Bungkam

Sebelumnya kita hanya menggagas untuk menjalin silaturrahim internal di Kepri namun tiba-tiba meluas hingga dibeberapa wilayah propinsi khususnya yang belum terbentuk DPD Permas. Akhirnya silaturrahim yang dijadwalkan hanya sampai pukul 23.00 WIB terpaksa dimajukan sampai pukul 00.00 WIB dengan diikuti peserta zoom sebanyak 68 orang.

Diantaranya H Ahmad Dahlan, H Abd Salam dan H Ashady Selayar dari Kota Tanjung Pinang serta H Arifin. Dalam kesempatan itu Ketua DPP Permas, Dr H Syamsul Rizal, MI, S.Sos, M.Si atas nama Pemerintah Kepulauan Selayar menyampaikan terimakasih kepada semua warga Selayar sekaligus mengundang untuk hadir pada Puncak Peringatan Hari Jadi Selayar yang akan jatuh pada 29 Nopember 2021 yang akan datang.” kunci Nur Salam.

READ  KMP Balibo Alami Kerusakan Mesin Utama Kini Ikat Jangkar di Benteng Jampea

 

Penulis : DSJ

Editor.   : AB