BATARAMEDIA.COM | Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, kerjasama antara semua stakeholders sangat diharapkan, baik pemerintah, kepala sekolah, guru, komite sekolah dan masyarakat. Karena jika hasil belajar siswa baik maka tujuan pendidikan dapat diwujudkan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Peran Pengawas Satuan Pendidikan juga tak kalah pentingnya, Permen PAN dan RB Nomor 21/2020 pada pasal 5 menjelaskan bahwa tugas pokok pengawas sekolah adalah melaksanakan supervisi baik akademik maupun manajerial pada satuan pendidikan.

Dalam rangka pelaksanaan pengawasan inilah Hj. Fatmawaty, SH, M.Pd berkunjung ke beberapa satuan pendidikan SMA, baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Maros, selama 2 (dua) hari dari tanggal 5 s.d 6 Oktober 2021.

READ  Dinas Pendidikan Prov SulSel Kegiatan Rutin Cek Fisik Kendaraan dinas dan Serahkan STNK

Fatmawati menjelaskan bahwa tugas pengawas itu tidaklah mudah, diharapkan dapat menjembatani, mencarikan solusi masalah2 yang muncul di satuan pendidikan.

Disamping itu pengawas juga dituntut melaksanakan tugas pokoknya seperti : menyusun program pengawasan, melaksanakan pembinaan, memantau pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan. Utamanya standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan dan standar penilaian.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa disamping tugas tadi, masih ada tanggungjawab untuk pembimbingan dan pelatihan profesional guru serta dituntut untuk melakukan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan program pengawasan. Supervisi ini juga bertujuan untuk memantau kesiapan satuan pendidikan dalam rangka persiapan menghadapi PBM tatap muka.

Diakhir wawancara, beliau menyampaikan bahwa dengan tugas dan tanggung jawab yang berat ini, sedapat mungkin dapat dilaksanakan dengan ikhlas dan sepenuh hati sebagai seorang Aparatur Sipil Negara.

READ  Sukses Peroleh Status SMK PK : SMKN 1 Bone Kembali Terima Bantuan RPS TKJ Senilai 1 Miliar

Dihari pertama mengunjungi SMAN 1 Maros, SMAN 3 Maros dan SMAN 6 Maros dan dihari kedua di SMAN 9, SMAN 5 Maros, SMAN 8 Maros dan SMAs Al-Ihsan Lekopacing.

Pelaksanaan pengawasan ini juga didampingi oleh Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) Kabupaten Maros, Drs. Anwar Pallime, MM dan pakar pendidikan senior Sulawesi Selatan Drs. H. Baharuddin, M.Si.

 

Penulis : SW

Editor.   : AB