Bataramedia.com | Makassar – Wakil ketua Ombudsman Kota Makassar, Dr. Muh. Irwan SH.,MH dalam sosialisasinya di DPW MOI SulSel,Jumat (23/10/2020).

Dia Memaparkan bahwa Ombudsman Kota Makassar dalam pengambilan kebijakan terutama dalam menentukan Visi Misinya terlebih dahulu menyebar dan memberi kuisioner sebagai indikator kepuasan masyarakat atau stakeholder dan beberapa OPD terhadap Pelayanan Publik yang dilakukan oleh Ombudsman Makassar sehingga terbentuklah Visi Misi Ombudsman yaitu “Terwujudnya Ombudsman Kota Makassar sebagai pengawas penyelenggaraan pengawasan publik dari mal administrasi dan pelanggaran etika bisnis dalam masyarakat”. Sedangkan Visinya adalah ” Pengawasan pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan swasta”.

Ombudsman juga membangun kerjasama dengan DPRD Kota Makassar terkait pelaporan pengawasan pelayanan publik. Selain melakukan kegiatan sosialisasi atau pencegahan, kami juga menerima aduan.olehnya itu kami berharap bantuan dan kerjasama yang baik oleh teman teman media karena anda adalah kekuatan kami dalam melakukan pengawasan dan pelayanan publik,” Ungkapnya.

READ  Pengurus Cabang GP ANSOR BANTAENG resmi di Lantik

Lanjut Irwan menyampaikan bahwa Ombudsman juga membangun koordinasi dan kemitraan dengan kejaksaan tinggi negeri, pengadilan negeri, pengadilan tata usaha negara, BPSK, OJK dan juga beberapa perguruan tinggi di Kota Makassar, dengan tujuan mendorong pemerintahan yang bersih sesuai dengan asas pemerintahan yang baik, selanjutnya mendorong pemerintahan daerah yang beretika, bebas korupsi, nepotisme, meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan oleh pemerintah daerah, nencegah praktek praktek mal administrasi dan pelanggaran etika bisnis sehingga terbentuk budaya publik yang prima. Besar harapan kami agar warga Kota Makassar memiliki inisiatif yang tinggi dan koordinasi yang baik dengan Ombudsman bila terjadi pelayanan yang kurang baik dari pemerintah ataupun hal lain yang meresahkan masyarakat.

READ  DPD OMPI Jeneponto bersama KPU Jeneponto Gelar dialog kebangsaan "Seperti Apa Demokrasi sehat dan Berkualitas"

Dalam kesempatan ini, Irwan juga menyampaikan catatan jumlah laporan yang masuk ke Ombudsman dalam kurung waktu 2019 terdapat 109 laporan masyarakat, Alhamdulillah sudah terselesaikan dan tertangani dengan baik. Sekali lagi terimakasih kepada teman teman pers atas kerjasama dan partisipasinya dalam sosialisasi Pelayanan Publik dan Pungutan Liar oleh Ombudsman Kota Makassar, Semoga kita bisa bersinergi dengan baik demi tercapainya pelayanan publik yang prima, “tutupnya.

 

Laporan : JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here