BATARAMEDIA.COM | Pendidikan menjadi tanggungjawab bersama antara sekolah, masyarakat dan pemerintah. Dengan demikian semua pihak yang terkait harus senantiasa menjalin hubungan kerja sama dan interaksi yang sehat dalam rangka menciptakan kondisi belajar yang layak bagi anak bangsa.

Sekalipun Pendidikan SMA/SMK berada pada wilayah kewenangan pemerintah provinsi akan tetapi secara fungsional tetap menjadi tanggungjawab bersama pemerintah kabupaten/kota.

Pada rapat koordinasi MKKS SMA bertempat di SMAs Pesantren IMMIM Minasatene, Rabu, 8 September 2921, kehadiran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep menjadi bukti nyata bahwa pendidikan itu harus dikawal bersama.

Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Pangkep, Firman.M, SE dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak Kepala Dinas, semoga sinergi ini menjadi penambah semangat untuk membangun pendidikan yang lebih berkualitas dan bermartabat di Kabupaten Pangkep khususnya.

READ  SMKN 6 Selayar Pernah Viral Diawal 2020, Kini Lenyap Ditelan Masa

Lebih lanjut Firman menjelaskan bahwa dalam rangka pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) perlu persiapan yang matang, menyediakan standar sarana protokol kesehatan sesuai ketetapan Kemendikbud, berkoordinasi dengan tim covid, baik tim covid kecamatan maupun kabupaten, mendapatkan pernyataan dari orang tua dan yang tak kalah pentingnya adalah data guru dan tenaga kependidikan yang telah di vaksin.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep, DR.Sabrun Djamil, S.Pi, MP yang didampingi oleh Kabid Dikdas Drs. Syamsir, dalam sambutannya juga berterima kasih atas undangan ini, mudah2an pertemuan2 seperti ini ke depan bisa lebih ditingkatkan, mengingat bahwa banyak hal dibidang pendidikan yang perlu dikerjasamakan.

Sabrun menyampaikan bahwa beliau orang baru di pendidikan sehingga sangat membutuhkan informasi yang real agar dalam pengambilan langkah2 selanjutnya dapat lebih terarah dan nyata, yang sebelumnya berkarier di Dinas Perikanan dan Kelautan sebagai sekretaris.

READ  NA Minta Jangan Ada Dusta Diantara Kita di Hari Guru Nasional

Seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjajian Kerja (PPPK) tidak lama lagi akan dilaksanakan, itu membutuhkan kerjasama, baik sarana dan prasarana, SDM yang akan mengawal, termasuk dukungan dari PLN, Telkom dll

Pada kesempatan tersebut juga dibahas pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) baik Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) untuk siswa maupun Survey Karakter dan Survey Lingkungan Hidup untuk pendidik. Asesmen Nasional ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang agar menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas belajar yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu dibutuhkan kerjasama dan tanggungjawab penuh dari semua unsur terkait agar kegiatan Asesmen Nasional ini dapat dilaksanakan dengan baik.

READ  Prof Jufri Boyong Semua Pejabat Disdik Sulsel ke Sulbar

Pertemuan berakhir setelah sesi tanya jawab, yang juga banyak mengungkap masalah2 di lapangan, khususnya di wilayah kepulauan, baik terkait kondisi ekonomi masyarakat, akses jaringan, biaya yang mahal, pendidik dan tenaga kependidikan yang kurang.

Hadir dalam pertemuan ini, Ketua MKPS Kabupaten Pangkep, Drs.Sirajuddin, MM, Pengawas Satuan Pendidikan Prov. Sulsel, Hj.Fatmawati, SH, M.Pd, seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB Negeri dan Swasta dan Staf Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Pangkep.

 

 

Penulis : SYW

Editor.   : AB