BATARA MEDIA.COM – Makassar, –    Dewi Kartika Opu ( 39 ) wanita asal Kab.Selayar yang dulunya merupakan staf honor di Tata Usaha SMAN 3 Selayar Kec.Bontosikuyu kini bertugas di Cabdis Pendidikan Wilayah VI sebagai kontrak Cleaning Service sejak tahun 2017 lalu.

“Saya masuk sebagai kontrak Cleaning  Service pada Cabdis Pendidikan Wilayah, sebelumnya saya bekerja di SMAN 3 Selayar Kec.Bontosikuyu dan sudah masuk honor  Kategori K2 selama 12 tahun, namun tak kunjung terangkat sebagai PNS Kabupaten ahirnya saya keluar dan bergabung dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Sulawesi Selatan dengan niat untuk mencari keberuntungan dan memperbaiki taraf hidup” minggu (20/12/2020)

Tahun 2017 awal terbentuknya Cabang Dinas Pendidikan Wilayah yang beralamat di Jl. Poros Bandara Aroeppala No.87 Matalalang Kab.Kep.Selayar, Ibu Ika mulai bekerja di Cabdis Pendidikan Wil.VI, Ia diajak oleh keluarganya, Dra.Hj.Andi Rosdiana.MM yang kebetulan menjabat sebagai kepala UPT Pendidikan Wilayah namanya kala itu, kemudian diubah menjadi Cabang Dinas Pendidikan Wilayah.

READ  KMA Penyelenggaraan Umrah Saat Pandemi Terbit, Begini Aturannya

Dewi Kartika Opu bekerja sebagai petugas kebersihan di Cabdis Pendidikan Wil.VI yang kesehariannya membersihkan ruangan dan lingkungan kantor, menyiapkan teh/kopi dan kue bagi pegawai, menaikkan bendera dipagi hari, sekaligus merangkap sebagai penjaga kantor karena tinggal dalam area kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI.

Bukan hanya itu, sebagai Cleaning Service Ika juga dengan ikhlas kerapkali membantu mengerjakan administrasi kantor, karena kemampuan dan pengalaman yang telah ia miliki selama menjadi Staf honor TU  di SMAN 3 Selayar kala itu. Ia juga pernah duduk di bangku kuliah pada Universitas Muhammadiyah namun karena terkendala biaya, pada saat terakhir iapun berhenti dan memilih untuk bekerja.

Bekerja sebagai petugas kebersihan di Cabang Dinas Pendidikan Prov.SulSel merupakan hal yang menyenangkan, membanggakan dan disyukuri oleh ika, walau dengan gaji pas pasan, ia tetap semangat dan tidak berkecil hati, ia bertekad bekerja agar anak semata wayangnya bisa bersekolah dan sukses. Terlebih saat ia ditinggalkan suaminya dan memilih menikah lagi, sehingga ika harus bekerja ekstra demi masa depan putrinya.

READ  Pengurus DPK KNPI Tompobulu periode 2020-2023 Resmi Di Lantik

Sebagai tulang punggung keluarga, ika ingin menunjukkan kepada keluarga besarnya dan mantan suaminya, bahwa ia adalah sosok wanita tangguh yang tak bisa dianggap remeh, hal ini patut di apresiasi karena ia memiliki semangat, ketulusan dan kedisiplinan bekerja serta kesabaran yang sangat besar dalam mendidik anaknya sebagai petugas kebersihan yang telah memasuki tahun ke 4.

“Sucikan Hati dan Ikhlas dalam bekerja” yang merupakan tagline Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan merupakan kekuatan dan semangat yang ia pegang teguh dalam bekerja.

Di akhir perbincangannya dengan Awak Media, Dewi Kartika Opu mengucapkan  Terimakasih yang setinggi tingginya kepada seluruh pejabat Dinas Pendidikan Prov.SulSel khususnya Kadis Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof.Dr.Muhammad Jufri, MSi,MPsi Psikolog dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Sulawesi Selatan, Usman SPd., MM yang masih memberi kesempatan kepadanya untuk bekerja pada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Sulawesi Selatan.

READ  SMK Tridharma Maros Tekan MoU dengan PT. Midi Utama Indonesia dalam Hal Bisnis Daring dan pemasaran

 

Penulis :  Ab.

Editor    : Js

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here