Membangun Karakter Generasi Baru Melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

121

BATARAMEDIA.COM | Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah berhasil kita lalui, kini kita memasuki masa pengenalan lingkungan sekolah yang merupakan rangkaian dari pelaksanaan PPDB setiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk pengenalan budaya atau School Culture yang sesuai dengan Visi dan Misi sekolah agar mereka mampu menyiapkan diri untuk lebih cepat beradaptasi terhadap lingkungan baru yang akan didudukinya serta memberi kontribusi yang cukup terhadap peningkatan perkembangan individu dan sosialnya dan yang terpenting dan utama adalah upaya pembinaan dan pengembangan karakter peserta didik pada MPLS.

Pelaksanaan MPLS tahun ini nampaknya berbeda dari tahun sebelumnya, dimana peserta didik baru tidak hanya ditekankan untuk memiliki keterampilan belajar tetapi lebih pada kemampuan bersikap dan bertingkah laku sebagai peserta didik yang berbudi pekerti luhur utamanya kepada orangtua mereka di rumah.

READ  Tepis Hoax, H. Mulyadi pastikan Kemenag kembali siapkan bantuan bagi pesantren di tahun 2021

Hal ini dibuktikan dengan implementasi dan pelaksanaan kegiatan MPLS yang juga merupakan anjuran Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan , khususnya Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman agar peserta didik baru diwajibkan membasuh dan mencium kedua telapak kaki orangtuanya yang dilaksanakan di rumah masing masing, Sabtu (17/07/2021).

Kepala UPT SMKN 9 Makassar, Drs.Muhiding, M.Si sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan MPLS tahun ini dan menyampaikan bahwa melalui MPLS ini diharapkan tidak hanya membuat anak anak agar bisa pandai dan memiliki kemampuan akademik tetapi memiliki semua pengetahuan dan tindakan yang positif konstruktif yang diukur dari moral, agama, hukum maupun sosialnya.

 

 

Penulis : AB

READ  Kepala Seksi SMK (Hamran,)Pantau Langsung Persiapan UKK SMKN 9 Makassar

Editor.   : AB