BATARAMEDIA.COM | SMA Negeri 5 Bulukumba yang beralamat di Jalan So’larieng, Lembang Lohe, Kajang, Kabupaten Bulukumba, Kamis (29/7) lalu, melaksanakan Pembukaan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru yang dihadiri dan dibuka Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah V Bantaeng – Bulukumba, Haris, S.Kom, MM.

Pelaksanaan Workshop ini yang akan digelqr 2 hari ini (29-30/7), menurut Kepala UPT SMAN 5 (Kajang) Bulukumba, Ilhamsyah, S.Pd, M.Pd, merupakan program sekolah yang rutin dilaksanakan setiap tahun pelajaran baru yang merupakan program kerja Wakasek Kurikulum.

Untuk tahun ini, katanya, kontennya adalah terkait dengan peningkatan dan pengembangan media pembelajaran digital. Tujuannya adalah agar nantinya siswa-siswi dan guru berinteraksi melalui proses pembelajaran dalam bentuk media pembelajaran digital.

Apalagi sekarang ini, katanya, masa pandemi Covid-19 masih melanda sehingga proses pembelajaran masih melalui daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ), makanya diperlukan media pembelajaran yang efektif dan memiliki daya tarik siswa untuk mengikutinya.

READ  Besok, 36.144 Guru Honor Ikut Seleksi Kompetensi PPPK

“Melalui Workshop inilah guru-guru secara bersama-sama akan meramu perangkat dan media pembelajaran yang baik dan inovatif yang akan digunakan dalam proses pembelajaran di tahun pelajaran 2021/2022 di masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Ia mengakui, sejak dirinya menjabat sebagai Kepala UPT SMAN 5 Bulukumba
sudah 3 tahun lebih di sekolah ini, kegiatan workshop semacam ini yang rutin dilaksanakan setiap tahun pelajaran baru materi workshop selalu berbeda kontennya dari tahun ke tahun.

“Karena sekarang ini masa pandemi Covid-19 yang melanda sudah lebih 1 tahun sehingga pelaksanaan proses pembelajaran tetap dilaksanakan secara daring, maka diperlukan media pembelajaran digital yang efektif. Alasan itulah sehingga workshop peningkatan kompetensi guru tahun ini adalah terkait peningkatan dan pengembangan media pembelajaran digital,” katanya.

READ  Pengurus Dewan Pendidikan dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Gelar Rapat bersama

Ilhamsyah juga melaporkan kepada Kacabdisdik Wilayah V, kalau SMAN 5 Bulukumba ini termasuk sekolah besar yang banyak peminatnya. Ini dibutikan dari tahun ke tahun siswa bertambah jumlahnya.

Ia juga menyampaikan, kalau manajemen yang digunakan dalam mengelola sekolah adalah manajemen keterbukaan atau transparansi dengan memanfaatkan tim-tim kerja yang ada di sekolah.

“Kami bersama seluruh guru dan warga sekolah lainnya selalu berpikir bagaimana memajukan sekolah. Dan Saya selalu berupaya semaksimal mungkin untuk bergerak bersama demi kemajuan sekolah. Hasil kerja Kami dapat dilihat siswa-siswi luaran SMAN 5 ini ada beberapa lolos di Fakultas Kedokteran termasuk Kedokteran UGM dan UI,” tuturnya.

Usai mendengar laporan dari Kepala UPT SMAN 5 Bulukumba, Kacabdisdik Wilayah V, Haris, S.Kom, MM, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada kepala sekolah dan seluruh guru serta warga sekolah lainnya yang telah bergotong-royong dalam memajukan dan mendongkrak mutu pendidikan di SMAN 5 Bululukumba.

READ  Berlabel SMK - PK, Kacabdisdik Wilayah V Harap SMKN 11 Bulukumba Menjadi Rujukan dan Pengimbas Sekolah Lain

Mantan Kepala Seksi Pembinaan SMA Cabdisdik Wilayah I Maros – Makassar ini, berharap untuk tidak cepat berpuas diri dengan capaian-capaian yang telah diraih selama ini, melainkan harus tetap bergiat sekuat tenaga secara bergotong-royong untuk lebih memajukan sekolah.

 

 

Penulis : AR

Editor.   : AB