Batara Media | Bulukumba – Situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia masih terus terjadi, bahkan sudah lebih dari satu juta jiwa yang berstatus positif. Sebagai upaya pencegahan penyebaran, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Instruksi tentang Gerakan Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan (5M) yang ditujukan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama, pusat hingga kabupaten/kota.

Menag meminta jajarannya untuk mengajak ormas dan tokoh agama dalam sosialisasi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan.

Merespon hal tersebut, sivitas akademika MAN 1 Bulukumba siap menjalankan instruksi Menag, Yaqut Cholil Qaumas, terkait penerapan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19.

“MAN 1 siap, sejak tahun lalu prokes ketat sudah dijalankan di madrasah ini, Prokes itu wajib,” kata Syarifuddin, Kepala MAN 1 Bululumba saat memimpin rapat tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Gedung B1, MAN 1 Bulukumba di Tanete, Kecamatan Bulukumpa, Bulukumpa. Rabu (3/2/2021).

READ  kegiatan Literasi Al-Qur'an Jum'at pagi di UPT SMAN 14 Bone tetap berjalan lancar, tertib, dan baik

Syarifuddin mengatakan, Instruksi Menag itu merupakan atensi bagi seluruh pegawai yang bekerja di lingkup MAN 1 untuk melaksanakannya. Sehingga tidak ada alasan tenaga pendidik dan kependidikan di lingkup MAN 1 Bulukumba untuk mengabaikannya.

Seperti diketahui, Menag telah menerbitkan Instruksi nomor 01 tahun 2021 tentang Gerakan Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan (5M). Salah satu poin lainnya, menjadi teladan dalam penerapan 5 M pada setiap aktifitas di madrasah maupun di luar kantor.

“Kita yang berkecimpung di lingkungan pendidikan mesti menjadi teladan dalam penerapan prokes,” jelasnya lagi.

Dalam rapat di MAN 1 Bulukumba tersebut, Syarifuddin juga menyampaikan apresiasi dan harapan besar atas ditunjuknya Muhammad Yunus, sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bulukumba, serta mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Ali Yafid kepala kantor Kemenag Bulukumba sebelumnya yang kini ditunjuk menjadi Kepala Bidang Penyelenggara haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel.

READ  Kadisdik Provinsi Sulsel Pimpin Rapat Panitia Hari Guru Nasional

MAN 1 Bulukumba juga tengah menyiapkan instrumen dan aplikasi terkait pelaporan serta evaluasi pembelajaran daring dan luring.

“Banyak hal yang kita bicarakan dalam rapat, intinya kita sambut 2021 dengan penuh optimisme,” kunci Syarifuddin.

Laporan : Jufri

Editor.    : Tika Siregar putri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here