LELANG RKB SMAN 1 MAKASSAR DILAPORKAN L-KONTAK KE APH

122

BATARAMEDIA.COM | Lembaga Komunitas Anti Korupsi (L-KONTAK) segera melaporkan ke Aaparat Penegak Hukum terkait Pembangunan RKB SMAN 1 Makassar Tahun Anggaran 2021 oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang sumber anggarannya dari APBD senilai Harga Perkiraan sendiri (HPS) Rp. 12.848.153.205,67.

Dian Resky Sevianty, Ketua Divisi Evaluasi DPP L-KONTAK mengatakan, Pokja UKPBJ Pemprov Sulsel telah mempersyaratkan kualifikasi teknis melalui pengumuman Lelang pada portal LPSE diantaranya harus memiliki pengalaman paling kurang 1 pekerjaan konstruksi dalam kurun waktu empat tahun terakhir, baik di lingkungan pemerintah maupun swasta termasuk pengalaman subkontrak dengan SBU BG 007.

“Kami telah membuka tentang pemenang tender yang ternyata berdasarkan data LPJK diduga tidak memiliki pengalaman kerja sebagaimana yang dipersyaratkan oleh Pokja,” ujar Dian Resky.

READ  (L-Kontak) siap melaporkan ke Aparat Penegak Hukum terkait pekerjaan Pembangunan Tempat Parkir dan beberapa kegiatan lainnya pada Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ)

Dian Resky menduga kuat jika perusahaan pemenang tidak memenuhi persyaratan Kualifikasi Teknis, sehingga hal tersebut dapat berakibat terjadinya Persengkokolan Tender sebagaimana yang diatur pada Pasal 22 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Persaingan Usaha Yang Sehat.

Indikasi Persekongkolan Tender Pembangunan RKB SMAN 1 Makassar Tahun Anggaran 2021 resmi dilaporkan Lembaga Komunitas Anti Korupsi (L-KONTAK) ke Aparat Penegak Hukum, diktakan Dian Resky setelah lembaganya melakukan evaluasi terhadap data dan bukti yang dimilki.

Dian Resky juga menduga, jika proyek Pembangunan RKB SMAN 1 Makassar Tahun Anggaran 2021 tidak dapat diselesaikan pada tahun 2021 mengingat waktu yang tersisa hanya 1,6 bulan saja.

“Jika kontrak dilaksanakan pada bulan Oktober, maka saya yakin Dinas Pendidikan Provinsi Suawesi Selatan tidak akan mampu memenuhi batas waktu dalam kontrak nantinya,” jelas Dian Resky.

READ  Miliki 4,01 Gram sabu, Seorang Warga Barombong Diringkus Polisi Saat Ingin Kabur

Kejanggalan pada pelaksanaan lelang Pembangunan RKB SMAN 1 Makassar Tahun Anggaran 2021 diduga dapat berakibat pada penyalahgunaan wewenang dan jabatan.

“Secepatnya kami akan melaporkan atas adanya dugaan perbuatan melawan hukum yang dilakukan Pokja dan PPK ke aparat penegak hukum. Laporan Pengaduannya telah rampung,” tegasnya.

 

 

( Tim )