BATARAMEDIA.COM | Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) merupakan suatu kegiatan pembinaan dengan tujuan untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan pramuka yang meliputi perindukan siaga, pasukan penggalan, ambalan penegak dan racana pandega.

Olehnya itu dalam rangka pembinaan kepramukaan pada satuan pendidikan berdasarkan UU RI No.12 Tahun 2014 tentang gerakan pramuka serta Permendikbud RI No.63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan Ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah, dimana majelis pembimbing gugus depan dan pembina pramuka harus memiliki sertifikat kursus mahir dasar, terkait dengan hal tersebut, maka Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan mengharapkan kepada Cabang Dinas Pendidikan Wil. I – XII Prov.SulSel untuk melaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD) pada pembina pramuka di wilayah masing masing dengan berkoordinasi dengan kwartir daerah gerakan pramuka Sulawesi Selatan.

READ  Ramadhan Fair Hardiknas 2021 Disdik SulSel Resmi Ditutup

Pelaksanaan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina Pramuka diawali dari Cabang Dinas Pendidikan Wil. III Kab.Bone – Sinjai dibawah pimpinan, Drs.Andi Syamsu Alam, M.Pd yang berlangsung pada hari jumat (03/09/2021) bertempat di bumi perkemahan Kab.Bone.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Bone, Dr.H. Andi Fashar M. Padjalangi,M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof.Dr.muhammad Jufri, M.Si, M.Psi., Psikolog didampingi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H.Hery Sumiharto, SE.,M.Ed, Kepala Bidang Pembinaan SMA, Asgar, SE.,MM, dan Kepala Bidang GTK Disdik SulSel, H.Sabri, S.Pd.,M.Pd.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof.Dr.muhammad Jufri, M.Si,M.Psi.,Psikolog melalui kegiatan ini berharap agar setiap satuan pendidikan terdapat pembina pramuka yang memiliki kualitas mumpuni, inovatif dan tangguh, apalagi pramuka merupakan ekstra wajib di sekolah, “Jelas Kadisdik Prov.SuSel.

READ  Kepala BPJS Ketenagakerjaan Puji Hasnah Syam Daftarkan Ibu PKK Barru Jadi Peserta

Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah para Kepala UPT dan Wakil Kepala Sekolah  SMA dan SMK  Lingkup Cabdis Wil.III Kab.Bone- Sinjai.

 

( Andi.Firman Batara )