BATARAMEDIA.COM | Sekali merengkuh dayung, dua-tiga pulau terlampaui, pepatah inilah yang pantas disematkan kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Makassar-Maros Hj. Bagyang, S.Pd., MM., yang hari ini Rabu (8/9/2021) melakukan kunjungan kerja ke SMKN 9 Makassar.

Kedatangan Hj. Bagyang di sekolah yang terletak di ujung Barat Laut Kota Makassar ini langsung disambut oleh Kepala SMKN 9 Makassar Drs. Muhiding, M.Si yang didampingi oleh Kepala Tata Usaha Andi Tenri Umpu, SP., MM., serta guru dan staf Tata Usaha.

Hj. Bagyang mengatakan bahwa kedatangannya hari ini, karena ada empat kegiatan yang pada dasarnya berbeda tetapi saling terkait satu sama lain, yakni pertama penyematan pin dan penyerahan piagam tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 dan 10 tahun kepada 20 orang guru dan pegawai lingkup SMKN 9 Makassar, kedua memantau kegiatan Asesmen Nasional/Asesmen Kompetensi Minimum (AN/AKM), ketiga menutup kegiatan Bimtek Peralatan kompetensi keahlian Teknik Elektronik Industri (TEI); dan yang keempat memantau perkembangan unit produksi budidaya udang Vanamei sistim Bioflock.

READ  Meriahkan Hardiknas 2 Mei, Guru Bersama Siswa SMA/SMK dan SLB di Bantaeng - Bulukumba Serentak Tanam Pohon

Pada kegiatan penyematan pin dan penyerahan piagam tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya, Hj. Bagyang berpesan kepada para guru dan pegawai yang menerima penghargaan untuk tetap mempertahankan kesetiaan kepada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, negara dan pemerintah dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin.

Penerima Satyalancana Karya Satya 20 Tahun diberikan kepada Drs. Muhiding, M.Si; Suhardi, S.Pd; Drs. Sida; Drs. Abd Rahman dan Dra. Hj. Fauziyah, M.Pd. Adapun yang 10 Tahun diberikan kepada Andi Tenri Umpu, SP., MM; Muliyana, S.Pd.,M.Pd; Sigit Hendra Waskita, ST.,M.Si; Sennawati, S.Pd; Nurlina, S.Pd.,M.Pd; Ir. Susi Ardiana; Yustini Musa Datu, S.Pi., M.Si; Sahdaniah, S.Pd; Agustina, S.Pd; Andi Sabeniar, ST.,M.Pd; Fitria Silda Darongke, S.Pi; Kasmawati Sudar, S.Pi; Meilse Rani, S.Pi; Hamalrian, S.S.,M.Pd; dan Panca Wardana, S.Pi.

Selanjutnya Hj. Bagyang memantau pelaksanaan Asesmen Nasional/Asesmen Kompetensi Minimum (AN/AKM) yang dipusatkan di Laboratorium Komputer SMKN 9 Makassar, pada kesempatan ini Srikandi Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Makassar-Maros ini menanyakan kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan Asesmen, dan langsung dijawab oleh Kepala SMKN 9 Makassar Drs. Muhiding, M.Si., bahwa pada dasarnya tidak ada kendala yang berarti dan semua berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan, ini berkat kerjasama antar semua pihak mulai dari Wakasek, guru-guru hingga operator sekolah yang sigap dalam mempersiapkan AN/AKM ini, tegasnya.

READ  Transformasi Digital Pendidikan Keagamaan, Kemenag Rilis EMIS 4.0

Setelah meninjau pelaksanaan AN/AKM, Hj. Bagyang menuju ke ruangan Laboratorium Teknik Elektronika Industri (TEI) untuk menutup kegiatan Bimtek Peralatan bantuan DAK tahun 2021 untuk kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, dalam sambutannya Hj. Bagyang berpesan untuk memanfaatkan peralatan ini semaksimal mungkin guna peningkatan kompetensi siswa, saya yakin dengan pembimbingan dari guru-guru yang kompeten, Insha Allah akan menghasilkan siswa-siswa yang kompeten pula. Pesan ini langsung ditimpali dengan penuh semangat oleh Muhiding bahwa tahun depan jurusan TEI akan ikut bersaing dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS), dengan target Juara agar dapat mewakili Provinsi Sulawesi Selatan di tingkat Nasional, harapnya.

Jenis peralatan yang diterima oleh SMKN 9 Makassar melalui bantuan DAK tahun 2021 diantaranya 1 unit MCU Training Set; 2 unit Programmable Logic Controller Training Set; 2 Unit Basic Electro Pneumatic Training System: 1 Unit Proximity Sensor Training Set; dan 2 Unit Portable Solar Power Experiment Box.

READ  Peduli kemanusiaan, SMA 9 Watampone lakukan Penggalangan dana

Di akhir kunjungan kerjanya Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Makassar-Maros, mengunjungi unit produksi Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut yakni budidaya udang Vanamei sistim Bioflock, yang merupakan salah satu unit bisnis Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMKN 9 Makassar.

Hj. Bagyang yang didampingi oleh Muhiding dan Andi Tenri Umpu berkesempatan untuk memberi pakan pada benur yang baru berumur 17 hari ini, dengan doa semoga udang Vanamei yang dibudidayakan dengan sistim Bioflock ini dapat tumbuh dengan baik sesuai harapan, dan dapat menjadi contoh bagi BLUD SMKN yang ada di Sulawesi Selatan.

 

Penulis : PC

Editor.   : AB