Kolonel CHB Nur Salam Mallarangan : PERMAS Pemersatu Masyarakat Selayar Rantau

1633

BATARAMEDIA.COM, Batam                        Kolonel CBH Nur Salam Daeng Mallarangan, MBA telah memprakarsai dan menggagas terbentuknya Persatuan Masyarakat Selayar (Permas) Propinsi Kepulauan Riau tepatnya dirumah kediaman pribadi Ernawati Daeng Tuang Pati di Kampung Jabi Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa Kota Batam, Sabtu (21/08/21) sekitar pukul 19.30 WIB. Permas Propinsi Kepulauan Riau direncanakan akan terbentuk di Kota Batam, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Natuna, Kabupaten Bintan, Kabupaten Anambas dan Kabupaten Lingga.

Pertemuan masyarakat Selayar yang dihadiri sejumlah tokoh dari kabupaten dan kota di Propinsi Kepulauan Riau (Kepri) berlangsung hikmad dengan penuh keakraban dan kekeluargaan ini, tentu tak terlepas dari peran serta aktif Nur Salam Mallarangan yang baru menjabat sebagai Wakil Asisten Komunikasi dan Elektronika (WaAs Komlek) di Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Kepulauan Riau. Nur Salam Mallarangan adalah anak pertama dari pasangan Mallarangan Daeng Mattulung dengan Rukmini Daeng Rimang salah seorang warga Kelurahan Batangmata Sapo Kecamatan Bontomate’ne Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan.

READ  Indahnya toleransi, Pemuda Gereja Toraja Kawal Pelaksanaan Shalat Idul Fitri

Dalam kesempatan itu Nur Salam Mallarangan mengusulkan pentingnya suatu wadah kemasyarakatan dalam melakukan silaturrahim bagi warga Selayar yang berdomisili di Kepulauan Riau dengan melibatkan semua komponen masyarakat didaerah ini. Olehnya itu lanjut Nur Salam maka perlu pembentukan Permas Kepri serta Permas kabupaten dan kota.

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat Kota Batam, Muhammad Yunus, S.Pi, MM memberikan respon positif terhadap masukan dan usulan yang disampaikan oleh Kolonel CHB Nur Salam Mallarangan, MBA. Selain itu, Permas kedepan diharapkan dapat berperan aktif dan memberikan kontribusi yang positif dalam kegaitan kebudayaan dan pembangunan untuk mewakili masyarakat Selayar dan sekaligus menjadi wadah informasi dan komunikasi seputar program Pemerintah Kota Batam pada khususnya dan Kepri pada umumnya.” pungkas anggota DPRD Kota Batam ini.

READ  Waduk Bili Bili Aman, Warga Diminta Jangan Resah

Dikatakan Muhammad Yunus bahwa tahun 2022 nanti akan dicanangkan Panggung Budaya Nusantara yang akan ditampilkan pada pagelaran budaya dan seni oleh masing-masing suku yang ada di Kepulauan Riau ini. Lain halnya masukan yang disampaikan oleh Zaenal Abidin, SE, M.Mg. Ia berharap hubungan silaturrahim dan kekeluargaan sebagai masyarakat Selayar yang ada dirantau khususnya di Kepri bisa terjalin secara harmonis dan intens serta menjadi ajang silaturrahim untuk saling mengenal sebagai masyarakat rantau.

Kita berharap agar Permas ini bisa menjadi wadah kemasyarakatan untuk dapat saling kenal dengan sesama orang Selayar yang ada di rantau. Disamping bisa menjadi fasilitasi terhadap warga Selayar yang memerlukan uluran tangan dan bantuan, baik itu tenaga maupun materil.

READ  Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Bantaeng Resmi Berganti, GMNI Titip Pekerjaan Rumah

Dalam pertemuan tersebut juga telah terungkap bahwa sebelumnya wadah ini sudah pernah terbentuk yang pelantikan pengurusnya dilaksanakan dirumah Amiluddin. Bahkan di tahun 2015 dibentuk lagi yang dihadiri oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Masyarakat Selayar (Permas) yang berpusat di Makassar Sulawesi Selatan, H Tanri Abeng. Termasuk Bupati Kepulauan Selayar, Drs H Syahrir Wahab, MM kala itu.” Amiluddin menjelaskan.

Terakhir Kolonel CHB Nur Salam berpesan,” Mari kita berembut dalam membentuk kepengurusan Permas yang mulai dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kepulauan Riau hingga ditingkat Dewan Pimpinan Cabang disetiap kabupaten dan Kota khususnya di di Propinsi Kepri.” kunci suami dari Dra. Arifatun Munawaroh.

 

Penulis : DSJ

Editor.   : AB