BATARAMEDIA.COM, Kepulauan Selayar     Kapal Motor Ferry (KMP) Balibo rute Pelabuhan Bira (Bulukumba), Benteng ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar, Kayuadi, Jampea saat ini sedang ikat jangkar akibat mengalami kerusakan mesin utama di Pelabuhan Benteng Jampea Kecamatan Pasi’masunggu. Kerusakan itu diketahui setelah hendak buang jangkar di Pelabuhan Timoro Pulau Kayuadi sekitar pukul 09.25 Wita, Rabu (01/09/21) tadi pagi. Meskipun dalam kondisi mesin rusak namun tetap melanjutkan rutenya ke Pelabuhan Benteng Jampea.

Arung Gauk mualim I KMP Balibo yang ditemui dianjungan siang tadi kepada media ini mengungkapkan jika kondisi kapal yang dinakhodainya sedang mengalami kerusakan mesin utama. Kerusakan itupun diketahui setelah hendak berlabuh di Pelabuhan Kayuadi. Namun tetap melanjutkan perjalanan ke Benteng Jampea sebab masih ada puluhan pengguna jasa yang memiliki tiket Benteng Selayar tujuan Benteng Jampea.

READ  Innalillahi Wa Innailaihi Raji'un Turut Berdukacita Atas Berpulangnya Bapak Drs..H. Amiruddin, AM, MM

“Sesungguhnya kita ingin sekali membantu masyarakat pengguna jasa fery apalagi sudah terlanjur mereka membeli ticket, baik tujuan ibukota kabupaten maupun Bira Bulukumba namun kami tetap mempertimbang akan keselamatan penumpang. Olehnya itu, kami tetap akan berkoordinasi dengan Syahbandar setempat terkait waktu keberangkatannya ke Benteng Selayar atau Bira.” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Selayar, Aulia saat dikonfirmasi via slukernya sore tadi seputar kondisi KMP Balibo yang dibakhodai Arung Gauk, dirinya mengakui belum mendapatkan informasi dari pihak KMP Balibo.”Kami sendiri belum mengetahui jika KMP Balibo sedang mengalami kerusakan di Pelabuhan Jampea. Dan sesegera mungkin akan kami konsultasikan kepada nakhodanya.” katanya singkat.

READ  Tanadoang Selayar Kaya Akan Potensi Alam

Lain halnya yang diungkapkan Kepala Syahbandar Benteng Jampea, Indar saat dikontak via telfon genggamnya. “Besar kemungkinannya KMP Balibo akan diberangkatkan dari Pelabuhan Benteng Jampea langsung ke Pelabuhan Benteng Selayar terus ke Bira pada subuh hari. Karena dikhawatirkan dalam perjalanannya mesin itu semakin parah. Ada kemungkinan KMP Balibo akan sandar di Pelabuhan Benteng Selayar lalu kemudian dilanjutkan ke Pelabuhan Bira di Bulukumba.

Kami anggap terkait keselamatan pengguna jasa akan aman karena masih ada mesin yang dapat diandalkan. Cuma memang mesin yang satu sedang mengalami kerusakan. Dan untuk penumpang tujuan Benteng Selayar akan muat dan dinyatakan aman sedangkan untuk muatan tujuan Kayuadi ditiadakan sementara sambil menunggu mesin utama kapal normal kembali. Apalagi cuaca di Kayuadi sangat tidak memungkinkan untuk berlabuh. Sebab cuaca semakin tidak bersahabat utamanya di Pelabuhan Kayuadi.

READ  Pemuda JIPANG salurkan bantuan untuk Sulbar lewat GP.Ansor Takalar

Namun begitu tetap kami akan diberangkatkan subuh hari nanti demi keselamatan para pengguna jasa ferry. Kami tidak inginkan berangkat malam-malam begini. Dan insha Allah usai magrib akan kami periksa kembali mesin yang sedang rusak itu.” katanya kepada media ini.

Pantauan media ini di Benteng Jampea, puluhan calon pengguna jasa kapal ferry sedang berbondong-bondong meninggalkan Pelabuhan Benteng Jampea setelah mendapatkan kepastian dari nakhoda KMP Bontoharu yang sekaligus sebagai mualim I, Arung Gauk jika jadwal pemberangkatannya yang setogyanya pukul 14.00 Wita ternyata dibatalkan.

 

 

Penulis : DSJ

Editor : AB