Batara media | Lutra – Ketua Pengadilan Negeri Malili, Khairul, memimpin upacara pelepasan jenazah almarhum  Bupati Lutim, Thoriq Husler untuk dikebumikan di Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba, Kabupaten Lutra.

Ribuan pelayat hadir menyaksikan langsung upacara pelepasan jenazah di Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur,  Jumat (25/12/2020) Pagi.

Pada upacara pelepasan jenazah itu, juga dilakukan penyerahan akta kematian oleh Ketua PN Malili, Khairul,  kepada Uztadz H. Ardias Barah selaku perwakilan keluarga. Sementara untuk menyampaikan sambutan mewakili  keluarga diamanatkan kepada KH. Suardi Ismail yang juga Anggota DPRD Luwu Timur.

Mewakili keluarga, kami berterimakasih kepada segenap warga Lutim, ASN yang telah membantu ikut menjaga almarhum selama di rumah sakit sampai pada pengantaran jenazah ke Lutim. Termasuk pula pelepasan jenazah  almarhum untuk dikebumikan di Kabupaten Luwu Utara, tandasnya.

READ  Ketua DPW PPP Sulsel Orasi politik di Musyawarah GPK Sulsel

Lanjut KH. Suardi, Almarhum H. Thoriq Husler merupakan orang yang baik, sabar dan murah senyum. Tidak heran  jika masyarakat Luwu Timur sangat kehilangan sosoknya.Hal ini dibuktikan dengan besarnya antusias masyarakat menunggu jenazah Almarhum hingga larut malam. Untuk  itu, ia memohon agar kiranya mengirimkan doa untuk memuluskan perjalanan beliau menghadap Tuhan Yang  Maha Kuasa dan senantiasa dilapangkan kuburannya.

Selanjutnya, jika semasa hidupnya almarhum ini punya sangkut paut hutang, jika tidak bisa di ikhlaskan maka kami  memohon agar kiranya melaporkan kepada pihak keluarga nanti kami akan bermusyawarah untuk  menyelesaikannya, tambahnya Sementara Ketua PN Malili, Khairul mengatakan, mewakili Pemkab menyampaikan rasa belasungkawa yang  mendalam atas meninggalnya Thoriq Husler. Saya pribadi kaget mendengar kabar itu dan tak kuasa menahan air  mata.

READ  Prof Jufri Jadi Narasumber Webinar Puncak HUT Dharma Wanita Sulsel

Saya jadi saksi begitu besarnya perhatian beliau kepada masyarakat Luwu Timur. Rumah Jabatan ini selalu ramai
dikunjungi, saya kadang mengingatkan beliau, istirahat ki pak, tapi apa jawaban beliau, kasihan mereka pak ketua,  sudah mendatangi saya, tentu punya harapan besar untuk disampaikan. Hal itu memang harus saya dengarkan  dan laksanakan sebagai jawaban atas amanah yang telah dipercayakan kepada saya,jelasnya.

Usai menyampaikan sambutan, Peti Jenazah yang dibungkus kain merah putih itu kemudian di gotong para Camat  menuju ke mobil ambulance jenazah untuk dibawa menuju ke Kabupaten Lutra.
Dalam perjalanannya menuju Lutra, ribuan warga Lutim baik yang menggunakan kendaraan mobil dan motor ikut mengiringi pengantaran jenazah untuk dimakamkan. Sebagian lainnya berada ditepi jalan di tiap Kecamatan yang dilalui warga memberi penghormatan terakhir.

READ  Kunker Prof Jufri di Enrekang sangat Padat, Ini Agendanya..!!

Pelepasan jenazah juga dihadiri Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam, para Anggota DPRD, Kajari Lutim,  Muhammad Zubair, Wakapolres, Rifai, Sekda, H. Bahri Suli, para Kepala OPD dan ratusan pelayat.
Semasa hidupnya, Almarhum juga memimpin beberapa organisasi seperti Ketua FKPPI, Ketua PMI, Ketua  Kosgoro, Ketua Dewan Masjid Indonesia Lutim, Ketua Golkar, Ketua Himpunan Keluarga Tani Indonesia (HKTI)  Luwu Timur, Ketua Himpunan Persaudaraan Haji Indonesia (HPHI) Luwu Timur, Ketua Orari Lokal dan Ketua  Kwartircab Pramuka.

Laporan : JS

Editor.    : Ts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here