Bataramedia | Bantaeng – Memasuki penghujung tahun, nama Kabupaten Bantaeng terus melejit. Berbagai penghargaan berhasil diraih berkat banyaknya inovasi yang telah dilakukan.

Setelah kemarin mendapatkan penghargaan untuk empat inovasi pada pendampingan implementasi SAKIP, Kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Dr Ilham Azikin tersebut kembali menerima penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tahun 2020.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Bantaeng pada acara puncak Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) STBM ke-4 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI secara virtual, di Claro Hotel, Makassar, Jumat (13/11/2020).

Pada kesempatan itu, Kabupaten Bantaeng meraih penghargaan pada kategori enabling, demand, supply, bersama 15 kabupaten lainnya, dimana empat diantaranya merupakan kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan, yakni Pinrang, Palopo, Soppeng dan Bantaeng.

READ  Ketua RW di Barombong Beralih Pilih Appi-Rahman, Karena ini...!!

Penghargaan yang diraih yakni tanda penghargaan Natural Leader Terbaik Kabupaten/Kota SBS/ODF kepada Muflihat, S.Hut, sebagai Natural Leader STBM Desa Pattaneteang Kabupaten Bantaeng, serta Kepala Desa/Lurah Terbaik Kabupaten/Kota SBS/ODF yang diberikan kepada Kepala Desa Pattaneteang, Lukman dalam upaya untuk merubah perilaku masyarakat yang higienis dan saniter melalui pendekatan STBM.

Kepala Desa Pattaneteang, Lukman, S.KM mengungkapkan “Pandemi bukan halangan untuk berprestasi, ini terbukti dengan apa yang kita capai di pattaneteang, penghargaan ini kami anugrahkan kepada segenap masyarakat Pattaneteang”.

Bupati Bantaeng, Dr Ilham Azikin mengatakan Desa Pattaneteang ini diharapkan menjadi pemantik bukan hanya untuk mengejar prestasi dan penghargaan tetapi dijadikan hal mendasar untuk membangun SDM di Kabupaten Bantaeng.

READ  Pekerjaan Rehab SMPN 2 Rumbia Kabupaten Jeneponto Terancam Pembongkaran

“Kalau semua desa menjadi bagian terciptanya sanitasi berbasis masyarakat maka saya yakin itu menjadi modal yang besar dalam membangun SDM. Jika diawali dengan kesadaran akan peningkatan sanitasi kesehatan masyarakat mulai dari rumahtangga, lingkungan dan desa saya kira itu modal yang besar penciptaan SDM,” bebernya.

Ilham Azikin juga berharap Desa Pattaneteang ini dijadikan motivasi oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bantaeng.

“Ini bukan hanya motivasi bagi pak desa di Pattaneteang tetapi juga menjadi motivasi kepada OPD baik yang terkait maupun tidak, ini sesuatu yang penting, jadi kesejahteraan itu harus kita awali dengan peningkatan kesehatan masyarakat,” pungkasnya.

 

Laporan : Tw

READ  Niat Menangkan APPI-Rahman di pilwalkot, Posko Komunitas Kab'ah appi Rahman di resmikan

Editor.    : Ts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here