BATARAMEDIA.COM, Kepulauan Selayar Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Selayar dan Komando Distrik Militer 1415/Selayar, Kamis (28/10/21) sekitar pukul 10.00 Wita siang tadi telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understand (MoU) mengenai pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum dalam Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara bertempat di Aula Kantor Kejaksaan Negeri, Jl WR Supratman Kelurahan Benteng Kecamatan Benteng Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan. Penandatanganan Nota Kesepahaman itu dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri, Adi Nuryadin Sucipto, SH MH bersama Komandan Distrik Militer 1415/Selayar, Letnan Kolonel (Letkol) Kav Adi Priyatna dan disaksikan oleh Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun), Andri Zulfikar, SH MH dengan Serma Ahmad Ramo selaku Komandan Sub 1 Unit Intel Kodim 1415/Selayar.

READ  Pembangunan Gedung Dan Rumdis Puskesmas Bontosunggu Kota Di Duga Tidak Sesuai RAB

Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar, Adi Nuryadin Sucipto, SH MH dalam sambutannya menyatakan bahwa Kejaksaan sebagai lembaga penegakan hukum di Indonesia juga telah mempunyai tugas pokok dan fungsi yang didalamnya terdapat pelayanan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum, penindakan hukum dan penetapan hukum. Sehingga jika ada persoalan hukum misalnya yang terjadi atau sedang dialami di Kodim 1415/Selayar dengan adanya penandatanganan kesepahaman ini sudah dapat meminta bantuan dan perlindungan hukum di Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar.” ungkapnya.

Selain itu, juga diharapkan kedepan bukan hanya pada persoalan dibidang perdata dan tata usaha negara akan tetapi di Kejaksaan Agung RI di Jakarta itu sudah ada Jaksa Agung Muda Pidana Militer (Jampidmil) yang dijabat oleh seorang Perwira Tinggi TNI yang berpangkat Letnan Jenderal (Letjen). Dan kedepan juga disetiap propinsi akan ada Asisten Pidana Militer (Aspidmil) Kejaksaan Tinggi (Kejati). Oleh karena itu kedepan TNI bersama Kejaksaan akan melakukan sosialisasi dan pemahaman kepada seluruh masyarakat. Sehingga nantinya Kejaksaan akan dapat meminta pengamanan dari Kepolisian dan juga dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).” pungkas Kajari mengakhiri sambutannya.

READ  Dicanangkan Menag, KUA Biringkanaya Siap Jadi Pusat Layanan Keagamaan

Sementara itu Dandim 1415/Selayar, Letkol Kav Adi Priyatna dalam sambutan singkatnya menyatakan,” Dengan lahirnya nota kesepahaman hari ini diharapkan kedepan sinergitas antara Kejaksaan dan Kodim 1415/Selayar dapat tetap terjalin secara harmonis dan dapat memberikan manfaat yang signifikan. Termasuk dalam kerjasama menyelamatkan aset-aset yang Kodim 1415/Selayar miliki didaerah ini.” kata dia.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatangan MoU antara Kajari Kepulauan Selayar, Adi Nuryadin Sucipto, S.H M.H dengan Komandan Distrik Militer 1415/Selayar, Letkol Kav Adi Priyatna dan disaksikan oleh jajaran Kejaksaan Negeri Selayar dan Kodim 1415/Selayar pada pukul 10.20 Wita siang tadi.

 

Laporan : DSJ

Editor.    : AB