BataraMedia.com | Yogyakarta – Menjajaki pengembangan SMK Vokasi sebagai bagian dari program perioritas Gubernur Sulawesi Selatan, yaitu memperkuat pendidikan vokasional di Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang dipimpin Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog melakukan kunjungan kerja ke SMKN 6 Yogyakarta sebagai sekolah yang telah mengimplementasikan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Selasa (27/10/2020)

Sekolah yang berada di Jl Kenari No. 4 Semaki, Kec. Umbulharjo Yogyakarta ini dengan visi ‘Menjadi SMK penghasil tamatan yang beriman, bertaqwa, berbasis budaya, berwawasan lingkungan, dan unggul di ASEAN’ menjadi sasaran kunjungan kerja Kadisdik Sulsel bersama rombongan selama di Yogyakarta.

Dalam kata pengantarnya, Kadisdik Sulsel Prof Jufri memaparkan revitalisasi yang dilakukan di Sulawesi Selatan serta bagaimana memotivasi sekolah untuk melakukan program one school one innovation, one school one product.
Program pengembangan selanjutnya, kata Prof Jufri adalah mendorong SMK di Sulsel menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), sehingga salah satu alasan melakukan studi ke SMKN 6 Yogyakarta. SMK tersebut salah satu diantara tiga SMK di Yogyakarta yang telah mengimplemntasikan BLUD di DI Yogyakarta.

READ  Aliansi Pemuda bersatu Bantaeng Lakukan Aksi Tolak RUU Cipta Kerja

Menurut Prof Jufri, kreatifitas, kemandirian dan profesionalisme akan terbangun oleh semua warga sekolah bila mengimplementasikan BLUD, sehingga pencapaian program vokasi sebagai program nasional, serta alumni SMK betul-betul SIAP pakai, bukan hanya sebagai jargon tetapi sebuah kenyataan.

SMKN 6 Yogyakarta, dalam mengembangkan BLUD menargetkan pendapatan sekitar Rp 600 juta selama masa pandemi Covid 19 ini, juga mengelola dana DAK, dana kemitraan serta tetap mendapatkan dana BOS.

 

Laporan : Andi Batara

Editor      : at

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here