Bataramedia.com | Yogyakarta – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog melakukan kunjungan kerja ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin 26 Oktober 2020.

Hadir menyertai Kadisdik Sulsel, Sekretaris Disdik Sulseel, H Hery Sumiharto, SE.M.Ed, Kepala UPT PTIKP, Dra. Hj. Andi Hidayati, MPd, Kepala Subag Tata Usaha PTIKP, Rudy Haryono SE.MM, Kepala Seksi Pelayanan TIK, H Ansyar, S.Kom,M.I.Kom, Kepala Pelayanan Media Pembelajaran Zulkhaeril Akbar, S.IP. MSi, dan dua orang staf, yaitu Hj Nursia, S.Sos, Andi Husni Nur Wahyullah, SE.

“Kunjungan kerja dalam rangka koordinasi dan konsultasi Pendayagunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

Kadis pendidikan berada di Yogyakarta selama dua hari diawali dengan memberikan motivasi dan berdiskusi dengan mahasiswa asal Sulawesi Selatan di Wisma Sawerigadeng, Jl. Sultan Agung Yogyakarta.
Sekitar 40 orang mahasiswa yang tersebar dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta dan berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, nampak memperhatikan dengan seksama dan terharu mendengarkan kisah kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, ketika menimba ilmu di berbagai kampus di DIY dari program Sarjana sampai program Doktor dan profesi psikologinya.

READ  CITY Grab dan Kalla Group Bersinergi Bantu Ratusan UMKM di Makassar

Nilai-nilai kesantunan dan karakter yang menjadi pendorong Kadis Pendidikan untuk memilih Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai tempat kuliah sejak tahun 1996 sampai 2012, kenang alumni UGM Yogyakarta ini di depan para mahasiswa.

Prof Jufri juga memberikan motivasi kepada mahasiswa dan memberikan tips kepada mahasiswa agar mampu bertahan dan menyelesaikan kuliah dengan baik, dengan 6 (enam) petuah, yakni 1. Beranilah bermimpi, seperti apa anda berfikir, maka seperti itu anda akan menjadi, 2. Tetapkan tujuan, 3. Bangunlah kebiasaan-kebiasaan hidup positif, 4. Kelola waktu dengan baik, 5. Proaktif, harus kita mengejar ilmunya, datangi tempat yang bisa mendapat ilmu, 6. Enjoy a moment, sabar dan ikhlas dalam menghadapi persoalan.

READ  Eks ketua kopri PMII Sulsel Di gadang Gadang Maju di Konfercab Fatayat NU Bantaeng

Menggunakan kesempatan yang ada, Kadisdik Sulsel dan mahasiswa sepakat menjalin kerjasama untuk mensukseskan program Prioritas Gubernur Sulawesi Selatan, meningkatkan persentase kelulusan mahasiswa ke perguruan tinggi terkemuka, dengan program Safari Pendidikan. Dengan program ini para mahasiswa akan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah, memberikan sosialisasi serta memberikan tips dan trik lolos masuk perguruan tinggi kepada peserta didik yang duduk di kelas XII di Sulawesi Selatan.

Didampingi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, kepala UPT PTIKP Disdik Sulsel dan beberapa pejabat eselon IV, kepala dinas memberikan penjelasan Tupoksi Dinas Pendidikan serta melakukan diskusi lepas dari mahasiswa.
Agenda kegiatan Kadisdik Sulsel bersama rombongan hari ini, Selasa (27/10) pulul 08 WIB akan ke Balai Tekkomdik Yogyakarta dalam rangka Pemanfaatan TIK untuk Layanan Pendidikan, pukul 10.00 WIB rombongan melakukan kunjungan ke SMKN 6 Yogyakarta dalam rangka Pengimplementasi SMK sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dan pukul 14.00 WIB kunjungan ke Balai Pembelajaran Radio Kemendikbud dalam rangka Pemanfaatan Radio/Bahan Ajar/Siar Audiotif serta MoU Pelatihan dan Penyerahan Konten.

READ  Di SLBN 1 Makassar, Prof Jufri resmikan kegiatan Aksesibilitas Fisik dan Gelar Produk

 

Laporan : Andi Batara

Editor     : At

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here