Bataramedia | Makassar – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog menegaskan bahwa salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan, khususnya di SMK adalah peralatan praktik siswa yang memenuhi syarat, yaitu peralatan praktik yang berstandar industri.
Penegasan ini diutarakan saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peralatan Praktik Utama/Praktik Produksi Sektor Unggulan Kemaritiman, industri, dan Ketahanan Pangan dan Fisik Penugasan SMK Tahun 2020 yang diselenggarakan di Hotel Harper Jl Perintis Kemerdekaan Km. 15 Makassar, Jumat (5/12).

Selain memenuhi standar industri, seorang guru SMK juga harus mengetahui secara detail pemanfaatan peralatan tersebut. Karena orientasi SMK adalah lulusannya dapat diterima bekerja di Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja, jadi harus lebih ditingkatkan lagi.
Karena itu, kata Prof Jufri, peran dan kerjasama semua pihak sangat diharapkan, kepala sekolah, tim teknis, ketua prodi, dan Wakasek Sarana dan Prasarana perlu berkolaborasi untuk pelaksanaan DAK Penugasan SMK tahun 2020 ini.

READ  Di momentum hari ibu, Begini makna dan harapan Srikandi GANN

Kepala Bidang Pembinaan SMK Dra Hj Andi Ernawati, MPd mengatakan, kegiatan Bimtek Peralatan Praktik Utama/Praktik Produksi Sektor Unggulan Kemaritiman, Industri, dan Ketahanan Pangan DAK Fisik Penugasan SMK ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada peserta agar lebih mengerti tentang pemanfaatan peralatan praktik bagi siswa SMK.

Bimtek yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti 36 orang sesuai protokol kesehatan, dengan rincian, 12 orang Kepala SMK, 12 orang Tim Teknis/Ketua Prodi,dan 12 orang Wakasek Sarana dan Prasarana.
Adapun narasumber yang disiapkan oleh panitia ada empat orang yang berpengalaman di bidangnya, yaitu Inspektorat, KPPN Pratama Makassar Utama, PT Tehnik Global Mutiara, dan PT Cobas Pantero.

READ  Rembug Warga Tingkat RW. 01/RW. 02 Pra Musrembang Kel.Buakana Kec.Rappocini Makassar

 

Laporan : JS

Editor.    : Ts