Bataramedia.com | Makassar – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi,  menerima audiensi dengan pengurus Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan di ruang kerjanya, Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10 Tamalanrea Makassar, Rabu (11/11/2020)

Pengurus Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dipimpin langsung ketuanya, Dr Adi Suryadi Culla, MA, didampingi Sekretaris Drs.H.Muhammad Nasir Jalal.Mpd, Wakil Sekretaris H.Muhammad Yusuf Nippi,SE.M.Ed, Kepala Sekretariat Drs.H.Muh.Amin Thalib,MPd, bersama anggota Sekretariat lainya, Dra.Hj. Rahmaniar,MM, Drs.H.Suriadi,M.Pd, dan Rusnah, S.Pd

Dalam pertemuan tersebut, Dewan Pendidikan melaporkan rencana Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Pendidikan Provinsi dengan seluruh Dewan Pendidikan Kabupaten /Kota yang direncanakan bulan November 2020 ini, dan dalam rangka itu Adi Suryadi Culla minta arahan Kepala Dinas Pendidikan.

READ  Kadisdik Sulsel Buka Bimtek Peralatan SMK

Rakor tersebut merupakan agenda tahunan Dewan Pendidikan se Sulsel, yang hasilnya menjadi masukan untuk memperkuat peran Dewan Pendidikan dalam mendukung program penyelenggaraan pendidikan secara berkualitas di Sulawesi Selatan.

Selain itu, Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dan Kadisdik Sulsel juga membicarakan sejumlah permasalahan, antara lain pentingnya evaluasi menyeluruh dan mendasar tentang pelaksanaan PPDB untuk perbaikan system rekrutmen siswa SMA, SMK ke depan.

Hal lain yang menjadi pembicaraan serius, yaitu prihal evaluasi dan pentingnya pemetaan kemajuan pendidikan vokasi secara terukur, restrukturasi atau reposisi Wilayah Cabang Dinas untuk mengefektifkan rentang kendali dan koordinasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dalam penyelenggaraan pendidikan yang menjangkau seluruh daerah kabupaten kota.

READ  Webinar HGN 2020 SMAN 18 Bone Ikut Partisipasi

Kedua belah pihak juga membicarakan persiapan peringatan Hari Guru Nasional yang akan dilaksanakan bulan ini sebagai momentum strategi untuk memberikan apresiasi terhadap profesi guru sebagai garda utama pendidikan yang menjadi tantangan persaingan bangsa di era globalisasi.

Demikianpun masalah rekrutmen kepala sekolah yang oleh Dewan Pendidikan diharapkan berjalan secara obyektif, dan memperhatikan standar persyaratan kompetensi yang dituntut sesuai aturan.
Kadis Pendidikan Prof Jufri juga menyinggung perlunya ditingkatkan pendapatan (honor) pendidik dan tenaga kependidikan yang berstatur honorer di SMA, SMK dan SLB. Juga Kadisdik Sulsel, kata Adi Suryadi Culla, memberikan informasi bahwa pada Satuan Pendidikan dalam lingkup pengelolan provinsi sangat kekurangan tenaga tata usaha dan ada kecenderungan ASN yang ditawari berpikir-pikir mengisi jabatan lowongan itu.

READ  Kadis Pendidikan Sulsel Rapat dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wil.I - XII , ini Agendanya

 

Laporan : ab

Editor.    : Ts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here