BATARAMEDIA.COM – BULUKUMBA – SMAN 1 Bulukumba laksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirangkaikan Hari Jadi SMAN 1 Bulukumba, Rabu (13/10) lalu.

Maulid dan Hari Jadi SMAN 1 Bulukumba ke-60 tahun ini dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah V Bantaeng, Haris, S.Kom, MM dan Ustad Pembawa Hikmah Maulid Kiyai Muda Muhammad Maulana Khadafi, S.Pdi.

Peringatan Maulid yang dilaksanakan Pengurus OSiS SMAN 1 Bulukumba ini, juga dihadiri Pengawas Pembina SMAN 1 Bulukumba, Artaty Hamid, S.Pd, M.Pd dan Ketua Komite Sekolah HA Mawardi Ishak, S.Ag, MM bersama beberapa pengurus komite, tokoh masyarakat dan orangtua siswa.

Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah di SMAN 1 Bulukumba kali ini mengangkat tema “Mempererat Silaturrahim serta Berinovasi di Masa Pandemi” dilaksanakan di Aula Lantai 1 Masjid SMAN 1 Bulukumba, Jalan Bung Tomo No 28 Kabupaten Bulukumba.

Haris pada kesempatan itu menyampaikan pujian dan apresiasi kepada Pengurus OSIS SMAN 1 Bulukumba yang menjadi pelaksana kegiatan Maulid yang dirangkaian Hari Jadi SMAN 1 Bulukumba ini.

READ  Dinas Pendidikan Prov. SulSel Gelar Berbagai Kegiatan Meriahkan Hardiknas 2021

“Hari ini kita memperingati dua hari lahir atau hari jadi, yaitu memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi dan hari jadinya SMAN 1 Bulukumba yang ke-60 Tahun. Alhamdulillah kelihatan luar biasa semnagatnya siswa-siswi kita melaksanakan dan mengikuti kedua rangkaian kegiatan ini, ” katanya.

Kavabdisdik Wilayah V, juga menyampaikan apresiasi kepada Kepala UPT SMAN 1 Bulukumba, Drs Rusli Umar, M.Pd bersama seluruh guru dan tenaga kependidikan yang telah mengawal pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah ini.

Menurut Haris, PTM terbatas ini perlu dikawal dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara terus-menerus di sekolah sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

“Kita tidak boleh lengah dan abai walaupun penyebaran Covid-19 sudah melandai, melainkan kita tetap harus selalu waspada dengan penyebaran Virus Corona ini,” pesan mantan Kepala Seksi Pembinaan SMA Cabdisdik Wilayah I Maros – Makassar ini.

READ  Berprestasi, dinas Pendidikan dan kebudayaan Sidrap Terima penghargaan dari LPMP provinsi

Sebelumnya Kepala UPT SMAN 1 Bulukumba, Drs Rusli Umar, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa yang menjadi pelaksana kegiatan Maulid ini adalah siswa-siswi Pengurus OSIS dan dilaksanakan di Aula Lantai 1 di bawah Masjid SMAN 1 Bulukumba karena masjid di lantai 2 belum rampung.

“Begitulah sehingga pelaksanaan maulid masih dilaksanakan di lantai 1 bawah masjid. Mudah-mudahan tahun depan pembangunan masjid sudah rampung dan maulid sudah bisa dilaksanakan di lantai 2 masjid SMAN 1 Bulukumba, In Syaa Allah,” harapnya.

Rusli Umar mengungkapkan bahwa pelaksanaan pembangunan masjid SMAN 1 Bulukumba ini merupakan sumbangan partisipasi dari para alumni, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang disupport oleh komite sekolah.

Katanya, terkait dengan kelancaran dan penyelesaian pembangunan masjid ini, Kami juga bersama komite sekolah ada program 3S (sedekah seribu sehari) untuk siswa SMAN 1 Bulukumba. Dan Alhamdulillah, sekarang ini ada terkumpul sekira Rp 30 juta lebih dari program 3S ini.

READ  Tingkatkan Kepedulian Raih Ketakwaan, OSIS SMKN 9 Makassar bagi Takjil Gratis ke Masyarakat

Sementara Kiyai Muda Muhammad Maulana Khadafi, S.Pdi dalam ceramah hikmah Maulid yang dibawakannya menyampaikan, pentingnya mempererat tali silaturrahim sebagai makhluk sosial.

Pesannya, sebagai makhluk sosial, kita tidak dapat hidup sendiri-sendiri melainkan harus menjalin silaturrahim satu sama lain, melalui sitaurrahim itu dapat memperlancar rezeki dan memperpanjang umur kita.

Olehnya itu, ia menghimbau agar senantiasa mengidolakan, mencintai, menyanjung dan meneladani Rasulullah Nabi Muhammad SAW di setiap pergaulan dan dalam bermasyarakat.

“Saya berharap kepada anak-anakku sekalian seluruh siswa SMAN 1 Bulukumba, untuk tidak perlu susah payah cari-cari tokoh idola, karena sudah ada idola kita bersama yaitu Rasulullah Nabi Muhammad SAW,” pesannya.

 

Penulis : ARS

Editor.   : AB