BATARAMEDIA.COM | SMK Negeri 2 Bulukumba beralamat di Jalan Pendidikan No. 9 Borong Rappoa, Kec Kindang, Kabupaten Bulukumba yang saat ini dipimpin Rosniar, SP, M.Pd sebagai Kepala UPT Satuan Pendidikan (Satdik), Rabu-Jumat (28-30/7) lalu, melaksanakan In House Training (IHT) Peningkatan Kompetensi Guru.

IHT yang dilaksanakan 3 hari ini dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah V Bantaeng – Bulukumba, Haris, S.Kom, MM dan Pengawas Pembina SMKN 2 Bulukumba Dr Imran Mappiare, M.Pd, Rabu (28/7) lalu.

Kehadiran Kacabdisdik Wilayah V di sekolah ini, selain untuk membuka kegiatan IHT juga melakukan silaturrahim untuk pertama kalinya sejak menjabat Kacabdisdik dengan seluruh guru dan pegawai SMKN 2 Bulukumba.

Di hadapan seluruh guru yang menjadi peserta IHT, Haris yang berlatarbelakang Jurnalis ini, mengatakan bahwa sejak dirinya dipercaya menjadi Kacabdisdik Wilayah V selalu berupaya untuk berkunjung ke seluruh sekolah yang ada di wilayah kerjanya, termasuk di SMKN 2 Bulukumba yang baru kali ini bisa hadir bersilaturrahim memanfaatkan momentum IHT.

READ  PPDB SMA Boarding School Dimulai Hari Ini, Lihat Kuotanya

Ia mengatakan, sejak menjabat Kacabdisdik sudah hampir seluruh sekolah (SMA, SMK, dan SLB, red) yang ada di Wilayah V Bantaeng – Bulukumba ini telah dikunjunginya sekaligus bertatap muka dan bersilaturrahim dengan seluruh warga satuan pendidikan.

“Alhamdulillah guru-guru dan pegawai yang ada di seluruh satuan pendidikan yang Saya kunjungi memberikan penyambutan yang luar biasa dengan penuh rasa kekeluargaan, termasuk Bapak/Ibu guru dan pegawai SMKN 2 Bulukumba pada hari ini memberikan penyambutan yang luar biasa,”kata Pria yang selalu tampil bersahabat ini.

Pada kesempatan itu, Haris menyampaikan harapan-harapanya kepada seluruh guru SMKN 2 Bulukumba yang menjadi peserta IHT, untuk selalu menjaga kekompakan dan menjalin komunikasi yang baik antara sesama guru, demikian juga kepada kepala sekolah.

READ  Kacabdisdik Wilayah V Letakkan Batu Pertama Pembangunan RPS dan Lab Komputer di SMKN 2 Bantaeng

Menurutnya, kekompakan dan kebersamaan merupakan salah satu kunci sukses dalam pengelolaan dan memajukan sekolah. Selain itu, pengelolaan dan penggunaan dana seperti dana BOS harus menganut manajemen transparansi dengan mengutamakan azas kebermanfaatan bagi sekolah dalam penggunaannya.

“Kalau ada permasalahan atau persoalan dalam lingkup sekolah cepat selesaikan dengan baik-baik, dan secepatnya komunikasikan dengan kepala sekolah supaya tidak menjadi ‘bola liar’ di sana-sini yang dapat merusak citra sekolah,” harap Haris yang berdarah Bugis Sinjai – Bone ini.

Sebelumnya, Kepala UPT SMKN 2 Bulukumba Rosniar, SP, M.Pd, dalam laporannya menyampaikan kondisi terkini sekolah yang dipimpinnya. Katanya, saat ini sekolahnya memiliki 4 jurusan, terdiri Jurusan Agrobisnis Pengolahan Hasil Pangan (APHP), Agrobisnis Teknologi Pertanian dan Holtikuktura (ATPH), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dan Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

READ  Kepala Seksi SMK (Hamran,)Pantau Langsung Persiapan UKK SMKN 9 Makassar

“Kesemua jurusan yang ada di SMKN 2 Bulukumba ini paling diminati adalah Jurusan TKJ. Untuk jumlah siswa, sekarang ini memiliki siswa 217 orang yang dibina 32 tenaga guru yang dibantu 4 orang tenaga administrasi. Dari keseluruh jumlah guru ini hanya 12 orang yang berstatus ASN, sisanya berstatus honorer,” jelasnya.

Rosniar menambahkan, SMKN 2 ini terbilang sedikit siswanya hanya 217 orang karena dikelilingi sekolah madrasah aliyah (MA), dan kelihatannya masyarakat masih lebih cenderung menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah agama dibanding di sekolah umum.

“SMKN 2 Bulukumba ini juga memiliki keterbatasan sarana dan prasarana pendukung, termasuk ruangan belajar dan lab praktik. Olehnya itu, pihaknya menyulap salah satu ruangan menjadi laboratorium untuk digunakan sebagai tempat praktik siswa,” ungkapnya dengan nada penuh harap.

 

Penulis : AR

Editor.  : AB