BATARAMEDIA.COM | SEKOLAH Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Bulukumba yang beralamat di Jalan Persatuan No. 2, Lingkungan Hila-Hila, Kel Ekatiro, Kec Bontotiro, Kab Bulukumba, melaksanakan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Daring dan Luring Terbatas yang dibuka Kepala Cabang Dinas (Kacabdisdik) Wilayah V Bantaeng – Bulukumba, Haris, S.Kom, MM, Selasa (6/7).

Dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat kegiatann workshop ini akan berlangsung selama 2 hari (6-7/7), dan diikuti seluruh tenaga pendidik di SMAN 4 Bulukumba yang saat ini dinakhodai Drs. Subhan sebagai Kepala UPT Satuan Pendidikan (Satdik).

Kacabdisdik Wilayah V yang didampingi Pengawas Satdik SMA Bulukumba Mursaling, S.Pd, M.Pd, ketika membuka kegiatan ini menyampaikan harapannya agar seluruh guru SMAN 4 Bulukumba mempersiapkan perangkat pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk tahun pelajaran 2021/2022 yang akan dimulai Senin 12 Juli pekan depan.

Pasalnya, saat ini kondisi memprihatikan menjelang pelaksanaan tahun ajaran baru yakni pesebaran Covid-19 varian baru makin melonjak dan telah banyak menelan korban di negara kita, bahkan untuk Kab Bulukumba saat ini sudah masuk Zona Merah.

READ  Kunjungan Kerja Kadis Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan ke Lima Pulau Kab.Pangkep

Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama untuk selalu behati-hati dan senantiasa mematuhi Prokes dalam setiap pergerakan dan kegiatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, mengukur suhu, dan mencegah kerumunan termasuk dan terutama di lingkungan sekolah.

Kondisi ini juga, katanya, yang mengharuskan seluruh guru termasuk guru di SMAN 4 Bulukumba di tahun pelajaran baru ini untuk tetap melaksanakan pembelajaran secara daring melalui belajar dari rumah (BDR) atau pembelajaran jarak jauh (PJJ), agar siswa-siswi kita tetap mendapatkan layanan pendidikan di masa pandemi Corona yang masih melanda.

“Di situasi inilah dibutuhkan strategi-strategi dan inovasi seluruh guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang efektif agar siswa-siswi tetap tertarik dan berminat untuk mengikuti proses pembelajaran secara daring melalui BDR atau PJJ di masa pandemi Covid-19,” tutur Kacabdisdik Wilayah V yang berdarah Bugis Sinjai – Bone ini.

READ  Disdik Provinsi Sulsel Teken MoU secara Virtual dengan PT.Microsoft Indonesia

Olehnya itu, pada kesempatan itu, Haris meminta kepada seluruh guru SMAN 4 Bulukumba, agar memanfaatkan momentum workshop ini untuk membuat dan meracik perangkat-perangkat pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk digunakan di tahun pelajaran baru 2021/2022,” harap Haris yang berlatarbelakang Jurnalis ini.

Di kesempatan workshop itu, Kepala UPT SMAN 4 Bulukumba Drs. Subhan menuturkan, sejak ia dipercaya memimpin sekolah ini sampai saat ini ada hal positif yang dirasakannya yang jarang dijumpai di sekolah-sekolah lain.

Hal positif yang dimaksud Subhan ialah seluruh warga sekolah memiliki sikap yang saling tolong-menolong, kekeluargaan, kebersamaan, dan kekompakan terjalin sangat kuat di SMAN 4 Bulukumba baik di lingkungan sekolah maupun mereka berada di tengah-tengah masyarakat.

READ  SMKN 6 Selayar Masuk 10 Besar Lomba Pembuatan Video Belajar Dari Rumah

“Modal sikap yang dimiliki seluruh guru inilah yang hingga saat ini masih tetap terpelihara dan menjadi motivasi dirinya bersama seluruh warga sekolah (guru dan pegawai,red) untuk bergotong-royong memajukan dan mensejajarkan kualitas SMAN 4 Bulukumba dengan sekolah-sekolah lain yang ada di perkotaan,”katanya.

Berkat kerja-kerja guru, tambah Subhan, SMAN 4 Bulukumba selama ini juga mampu mencetak generasi-generasi handal seperti dokter bahkan pernah meloloskan siswa untuk kuliah kedokteran di Cina. Demikian pula dengan tingkat kelulusan siswanya di perguruan tinggi negeri dari tahun ke tahun cukup menggembirakan, dan untuk tahun in ada 30-an siswanya di perguruan tinggi negeri.

 

 

Pendidikan : HRS

Editor.         : AB