Kabid PSMK pantau kesiapan BLUD dan pelaksanaan PPDB SMKN 9 Makassar

170

BATARAMEDIA.COM | Setelah ditetapkan oleh Plt. Gubernur Sulawesi Selatan melalui SK No. 714/III/ Tahun 2021 tanggal 15 Maret 2021 sebagai salah satu dari 19 SMK dengan status Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMKN 9 Makassar terus berbenah, proses produksi dengan melibatkan siswa dalam bentuk pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dilakukan secara shift oleh siswa-siswi jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP) yang hari ini Rabu (23/06/2021) dipantau langsung oleh Ibu Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Dra. Hj. Andi Ernawati, M.Si. yang didampingi oleh salah seorang stafnya Andi Resni, S.P., sekaligus memantau pelaksanaan PPDB online yang sementara berlangsung di SMKN 9 Makassar.

READ  Keluarga Besar Batara Media.Com ; Barakallah Fii Umrik Ke 53 Tahun Kadis Pendidikan Prov. Sulsel

Dalam kunjungannya, Andi Ernawati melihat langsung bagaimana sigap dan terampilnya siswa dalam membuat produk olahan ikan tuna berupa Nugget Ikan Tuna, dan langsung berdialog dengan siswa bagaimana cara membuat nugget yang dijelaskan dengan lancar oleh Satrio Ikhwan Pratama salah seorang siswa kelas X jurusan APHP.

Selanjutnya Kepala SMKN 9 Makassar, Drs. Muhiding, M.Si. mengatakan bahwa PjBL yang dilakukan oleh siswa APHP ini merupakan kerjasama dengan Plara Seafood Indonesia sebagai industri mitra, dimana seluruh bahan-bahan olahan berupa tetelan ikan tuna diberikan kepada sekolah untuk dibuat nugget dan bakso sesuai standar, selanjutnya hasil olahan sebagian diambil oleh industri dan sebagian dipasarkan oleh siswa secara mandiri.

READ  Prof Jufri Serahkan SK Kacabdis Wil VII, dan Serukan Jaga Kekompakan

Lebih jauh Muhiding menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran PjBL ini merupakan inisiatif dari guru-guru produktif APHP untuk menggandeng industri sehingga pembelajaran praktik meskipun dimasa Pandemi Covid-19 masih tetap terlaksana, mudah-mudahan dengan kehadiran Ibu Kabid dan melihat langsung proses produksi akan memberikan semangat kepada siswa-siswi maupun guru-guru di SMKN 9 Makassar, tutupnya.

 

 

Penulis : PC

Editor.   : AB