Bone, — Lembaga Institute Median Zieine Kurtuby (MZK) kembali menggelar workshop Pra Uji Komoptensi Wartawan (UKW) kali ini di ikuti sebanyak 90 peserta jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia. yang gelar secara online (meeting zoom) Hari Selasa 19 April 2021.

Workshop tersebut merupakan batch ke 5 yang di selenggarakan secara gratis dan akan berlanjut batch 6. dengan menghadirkan pemateri berpengalaman di bidang Jurnalis selama 30 tahun dari Solo Pos Drs. Agung Santoso. kata Host Martha yang juga Direktur Institute MZK.

Martha menjelaskan Pra UKW Ini sdh berlangsung 5 batch yang diikuti hampir 600 peserta jurnalis dari berbagai media di indonesia.

Pra UKW ini merupakan tahapan awal dari UKW tingkat lanjutan tujuannya untuk pengenalan sejumlah materi dasar seperti diantaranya Pengetahuan Umum Tentang Jurnalistik, Sejarah Pers, Hukum Pers, Kode Etik Jurnalistik, Rapat Redaksi, Nilai Berita, Penguasaan Teknologi Informasi dan Analisa Berita, Narasumber, Bahasa Jurnalistik dan Menulis Berita serta Menyunting Berita.

READ  Aset Pemda kabupaten Kolaka Hilang

Kegaiatan ini sangan mendasar di lakukan mengingat pentingnya pengembangan kompetensi wartawan. Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Dewan Pers, Nomor: 1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan, maka wartawan harus mengikuti uji kompetensi. Dan sebelum pelaksanaan UKW, kepada para wartawan diberikan pembekalan materi pengetahuan jurnalistik dan segala peraturannya. (din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here