BATARAMEDIA.COM | Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM-T) di sekolah rencananya akan dimulai pada tahun pelajaran 2021/2022 bulan Juli mendatang. Untuk itu diharapkan kepada seluruh satuan pendidikan untuk melakukan persiapan jelang pembelajaran tatap muka di sekolah nantinya.

Penegasan ini disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah V Bantaeng – Bulukumba, Haris, S.Kom, MM, pada pertemuan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Bulukumba yang digelar di UPT SMAN 5 (Kajang) Bulukumba, Selasa (8/6) kemarin.

Haris mengatakan, persiapan PTM-T Juli mendatang di masa pandemi Covid-19 harus betul-betul menjadi perhatian dan dipersiapkan segala sesuatunya secara matang berkenaan dengan kesiapan dan kelengkapan sarana dan prasarana protokol kesehatan di sekolah.

Selain itu, harus dipastikan kalau seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sudah divaksinasi. Demikian juga kesiapan dokumen-dokumen pendukung lainnya, seperti persetujuan dari orangtua siswa untuk PTM-KT teramsuk adanya izin dari Satuan Tugas (Satgas) Gugus Covid-19 kabupaten.

READ  Kunjungan Kadisdik Provinsi Sulawesi Selatan ke SMKN 3 Kab.Kep.Selayar

“Jelang PTM-T di tahun pelajaran baru mendatang, orangtua siswa tetap diberi pilihan apakah setuju PTM atau tetap memilih pembelajaran jarak jauh (belajar dari rumah, red), terserah orangtua siswa opsi mana yang mereka mau pilih,” katanya.

Terkait dengan persiapan PTM Terbatas Juli mendatang, Kacabdisdik Wilayah V berencana membentuk Tim Monitoring dan Evaluasi yang beranggotakan pejabat Cabdisdik dan pengawas sekolah. Tim ini akan bertugas memantau kesiapan sekolah melaksanakan tatap muka terbatas di tahun pelajaran 2021/2022.

Pada pertemuan MKKS SMA Bulukumba kali ini, Haris yang berdarah Bugis Sinjai – Bone ini, menyampaikan beberapa hal termasuk perlunya kerja ekstra untuk persiapan jelang penerimaan peserta didik baru (PPDB) 14 Juni pekan depan.

Olehnya itu, dia meminta panitia PPDB di satuan pendidikan untuk bekerja maksimal memberikan layanan kepada seluruh calon siswa baru yang mendaftar. Termasuk memaksimalkan posko pengaduan PPDB di sekolah, panitia harus stamby memberikan pelayanan aduan kepada masyarakat,” tegasnya.

READ  Bangun Karakter Nasionalisme Siswa di masa pandemi, SMAN 14 Bone laksanakan Upacara Bendera Secara Virtual

Senada dengan Kacabdisdik Wilayah V, Ketua MKKS SMA Bulukumba Drs. Syamsurijal, M.Si, kembali mengingatkan agar seluruh dokumen persiapan PTM-T betul-betul dipersiapkan sesuai yang dipersyaratkan agar tidak ada lagi hambatan siswa untuk mengikuti pembelajaran tatap muka.

“Kita semua kuatir, jika tahun pelajaran baru mendatang pembelajaran di sekolah belum dilaksanakan secara tatap muka, kita tidak tahu mau kemana nasib anak-anak kita ke depan,” ungkap Kepala UPT SMAN 10 Bulukumba ini.

Sekarang ini, katanya, akibat dampak virus Covid-19 yang sudah sekira 1 lebih melanda kita, sehingga tidak ada pembelajaran tatap muka di sekolah berakibat bergesernya karakter anak-anak dan sudah susah diarahkan. Hal ini juga dirasakan oleh seluruh orangtua siswa kalau anak-anak mereka sangat susah diarahkan lagi.

Dampak pandemi Covid-19 yang masih melanda negara kita selama membuat sekolah kehilangan marwah. Kondisi inilah memaksa pemerintah pada bulan Juli mendatang untuk melaksanakan PTM walaupun masih terbatas. Makanya segala sesuatunya yang terkait dengan persyaratan untuk PTM di sekolah perlu betul-betul dipersiapkan dengan baik.

READ  Ceramah Pertama Bulan Ramadhan, Prof Jufri Ajak Keluarga Besar Disdik Perbanyak Ibadah

“Kita semua menaruh harapan besar rencana PTM dari pemerintah ini dapat terlaksana sesuai dengan harapan dan tidak terkendala lagi akibat tidak siapnya sarana dan prasarana protokol kesehaatan Covid-19 dan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan untuk tatap muka di sekolah,” harapnya.

Pertemuan rutin MKKS SMA Bulukumba kali ini juga dihadiri Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) yang diwakili Pengawas Bina SMAN 5 Bulukumba Dra Hj Rosmaya Umar, M.Pd.

Kegiatan ini juga turut dihadiri pengawas SMA, Mursaling, S.Pd, M.Pd. Sementara yang tampil sebagai pemandu jalannya kegiatan adalah Sekretaris MKKS SMA Drs. Rusli Umar, M.Pd yang kesehariannya sebagai Kepala UPT SMAN 1 Bulukumba.

 

Penulis ; HR

Editor.   ; AB