Bataramedia | Bone – Cita-cita untuk membangun dan memajukan desa adalah sebuah cita-cita yang luhur , Tetapi tidak semua orang berani untuk mengambil tanggung jawab tersebut, terlebih kalangan anak muda. Pemuda – pemuda berpendidikan tinggi dan berprestasi kebanyakan memilih mengadu keberun tungan di dunia industri dan perkantoran di kota besar. Sangat sedikit dari mereka yang memilih kembali ke desa dan bekerja bersama dengan warga untuk membangun desa.

ADRIAN PERDANA,Mahasiswa Universitas Besowa (UNIBOS ) jurusan sosiologi kelahiran Kab. Bone.berkeinginan kuat untuk turut andil dalam memajukan dusun bahong langi kec.bontocani desanya.

keinginanini muncul saat ia berada di semester lima bangku kuliah , Adrian perdana menuturkan dusun bahong langi adalah salah satu dusun yang memiliki komoditi alam melimpah, potensi wisata yang menjanjikan serta masyarakatnya yang ramah menjadikan dusun bahong langi sangat cocok dijadikan tempat wisata di kabupaten bone.namum untuk sampai kelokasi tersebut sangat sulit, karna infrastruktur yang kurang memadai dan sangat ekstrim.dengan jarak tempuh 14 km dengan berjalan kaki mulai dari desa bontojai ke dusun bahong langi.

READ  Kadis pendidikan Sulsel Jadi Penyiar Radio Pendidikan di Jogya Belajar

“Adrian Perdana mengemukakan bahwa akar masalah kemiskinan dan pengangguran di desa bukanlah karena kurangnya modal, bukan karena tidak ada inovasi dan teknologi, tetapi karena kurangnya orang-orang terbaik, orang-orang terdidik yang memiliki kompetensi dan pengalaman yang mau mengelola desa yang notabene 80% didominasi pertanian dan peternakan (potensi agro) secara profesional.”

Hal tersebut menjadi latar belakang keinginan Adrian untuk membentuk suatu Gerakan dengan taqline ” POROS MUDA BANGUN DESA yang peduli pada masa depan desa”. Pada tahun 2019 Adrian mulai berdiskusi, berkonsolidasi dan berencana bersama teman-teman dan kenalannya yang memiliki pemikiran sama.

Meskipun hingga saat ini belum ada perhatian khusus dari pemerintah untuk dusun tersebut.Adrian dan teman-temannya tidak patah semangat. Mereka berharap gerakan ini bisa dilakukan secara mandiri dan tetap berkelanjutan.

READ  Pemkab Bone apreasiasi ASN Kembalikan Aset Daerah

Adrian berharap, kedepan semakin banyak pemuda-pemuda terbaik lulusan perguruan tinggi yang mau kembali ke desa utamanya di kabupaten bone. Ada banyak peluang dan potensi yang belum dioptimalkan. Semakin banyak sosok-sosok pemuda enerjik dan produktif untuk mau membantu advokasi, mendampingi dan memajukan masyarakat desa melalui pengoptimalan potensi yang dimiliki.

 

Laporan : JS

Editor.    : Ab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here