BATARA MEDIA.COM – Makassar – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Bantaeng bersama dengan DPD KNPI Kabupaten Bantaeng menggelar Dialog kebudayaan dengan tema “Menapaki Jejak Leluhur Baantaeng Kamis (10/12).

Acara yang digelar di Warkop Pemuda ini merupakan acara dalam rangka memperingati hari jadi Bantaeng yang ke 766. Bertindak sebagai narasumber dalam dialog ini antara lain Andi Imran Massoewalle dan Muhammad Shabran Dahlan

“Dialog budaya yang diselenggarakan oleh HMI Cabang Persiapan Bantaeng dan DPD KNPI Kabupaten Bantaeng ini sebagai langkah untuk merefleksikan kembali sejarah Kabupaten Bantaeng dimasa lampau” kata Abdul Talib selaku moderator dalam acara tersebut.

Andi Imran Massoewalle mengatakan “Sebagai putra daerah sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk merawat tradisi dan kearifan lokal di Kabupate Bantaeng dan yang paling penting adalah perlunya perhatian khusus pemerintah daerah dalam mengelola situs-situs sejarah yang ada di Kabupaten Bantaeng”.

READ  Kurikulum Darurat Covid-19 Mulai diterapkan oleh SMK Negeri 9 Makassar

Sementara itu, Muhammad Shabran Dahlan dalam paparannya mengatakan “Kita sebagai generasi muda harusnya lebih banyak lagi mempelajari sejarah dan kearifan lokal yang ada di daerah kita serta menjadikannya sebagai suatu spirit untuk kita melangkah kedepan”.

Mahbub Ali Muhyar sebagai penanggap dalam dialog tersebut mengatakan “Penting bagi kita semua untuk melakukan penelitian terhadap sejarah Kabupaten Bantaeng dan hasilnya dituangkan kedalam bentuk buku, agar kita memiliki sumber referensi sejarah yang cukup kuat untuk dijadikan pegangan bagi para pegiat literasi kebudayaan di Kabupaten Bantaeng”.

“Hari jadi Bantaeng ke 766 seharusnya diperingati tidak hanya dengan kesadaran waktu, melainkan disertai kesadaran akan pentingnya untuk mendiskusikan kembali sejarah dibalik angka tersebut. Selain sebagai sarana untuk berkesinambungan dengan masa lalu dialog ini diharapkan mampu membuka selubung makna pada setiap adat dan tradisi yang ada di Kabupaten Bantaeng” tutur Sutrisno, Ketua HMI Cabang Persiapan Bantaeng.

READ  Begini pandangan Komisioner ombudsman soal pungli dalam sosialisasi pelayanan publik di DPW MOI

Acara Dialog Kebudayaan tersebut dihadiri oleh berbagai elemen pemuda lintas OKP, pengurus organisasi daerah dan Forum Anak Butta Toa.

 

Penulis : TW

Edito      : ts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here