BATARAMEDIA.COM | Plt.Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman membuka acara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dengan tema ” bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan. Bertempat di Mall Nipa, Makassar, Kamis (25/11/2021).

Plt.Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Imran Jausi mengawali peringatan Hari Guru Nasional dengan melaporkan kepada Plt.Gubernur terkait semua rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan pada Peringatan Hari Guru Nasional (HGN). Tak lupa pula beliau menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan telah bekerjasama dengan Inspektorat untuk melounching pencanangan sekolah, menuju sekolah integritas ( guru sebagai agent anti korupsi ) dibawa supervisi KPK, dimana satu sekolah dua guru dan satu OPD, 2 Penyuluh KPK,”Terang Imran Jausi.

Didampingi Plt. Kadis Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Imran Jausi dan Ketua DPRD Prov.SulSel, Andi Ina Kartika Sari, Plt.Gubernur memberikan penghargaan kepada :

READ  Kadisdik Sulsel Buka KMD Penegak Kepala Sekolah Cabdis Wil III di Ruang e-Panrita

Kategori Tenaga Pendidik yaitu :
1. Ali Mokhammad dari SMAS Semen Tonada Pangkep
2. Zulkifli dari SMAN Keberbakatan Olahraga Makassar
3. Mujahidin Agus dari SMAN 3 Palopo
4. Muhammad Zia-Ulhag dari SMAN 4 Makassar
5. Indra Wulan dari SMAN 11 Lutim

Kategori Kepala Sekolah yaitu :
1. Mirdang Midding dari SMAN 20 Makassar
2. Ikhawan Matu dari SMAN 7 Pinrang
3. Naharuddin dari SMAN 1 Soppeng

Kategori Pengawas yaitu :
1. Syarifuddin Lambang dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan
2. Muslimin Syarif dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan
3. Sabirin,SJ dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan

Kategori Kepala Cabang Dinas Pendidikan yaitu :
1. Fitri Ari Utami dari Cabdis Pendidikan Wil. II
2. Dr.Abdul Rahim dari Cabdis Pendidikan Wil.VII
3. Baharuddin Iskandar dari Cabdis Pendidikan Wil. X
4. Tien Suharti dari Cabdis Pendidikan Wil.XI

READ  Tingkatkan Kemampuan Guru, Hamran buka Workshop PjBL di SMKN 9 Makassar

Kemudian penandatanganan MoU antara Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dengan Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Universitas Terbuka, Zenius dan Dunia Usaha dan Industri mitra SMK Vokasi. Serta terakhir perjanjian kerjasama antara SMK Negeri 9 Makassar dengan PT.IKI (Industri Kapal Indonesia)

Dalam Kesempatan ini Andi Sudirman Sulaiman kembali melouncing aplikasi program pendidikan Edupak, Smart School dan Smartta didampingi oleh Plt. Kadisdik, Imran Jausi dan Ketua DPRD SulSel, Andi Ina Kartika Sari.

Berbicara tentang guru, Andi Sudirman Sulaiman teringat kenangan masa lalu saat duduk di kelas 4 SD.

Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, guru zaman dulu tau bagaimana memberikan pendidikan pada anak agar tidak menyakiti dirinya, sehingga siswa tidak asal melaporkan guru kepada orangtua seperti sekarang ini, “disentil sedikit sudah dilaporkan sebagai penganiayaan”. Berdasar dari perbandingan antara pendidikan dahulu dan sekarang maka di terbitkanlah Perda terkait perlindungan guru dan siswa sehingga masing -masing tau batasannya”Kata Andi Sudirman.

READ  Prof Jufri Tinjau Korban Banjir dan Rapat Persiapan Kedatangan Jokowi di SMAN 13 Wajo

Selain itu Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan bahwa telah menganggarkan tahun depan pembelajaran SmartSchool ( digital aplouching ) untuk semua sekolah, harapannya Pemerintah SulSel akan fasilitasi untuk sistem digital ada server di daerah, master server di Jakarta dan ada server di SulSel, sehingga program ini dapat bekerja dengan memilih guru guru terbaik untuk pembuatan video pembelajaran jarak jauh, demikianpula beliau mengajak para guru dan ASN untuk mengaji 2 halaman per hari untuk membentuk moral kepemimpinan yang memiliki karakter ahlak yang kuat, “Ujar Andi Sudirman Sulaiman.

 

 

( Andi Firman Batara)