Hadiri Pembukaan IHT, Kacabdisdik Wilayah V Kagumi Kekompakan dan Kebersamaan Guru SMAN 9 Bulukumba

217

BATARAMEDIA.COM | Tahun Pelajaran baru 2021/2022 sudah di depan mata. Sejumlah sekolah di wilayah kerja Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah V Bantaeng – Bulukumba menggeliat melakukan persiapan-persiapan memasuki Tahun Pelajaran baru yang dimulai 12 Juli pekan depan.

Seperti halnya yang dilakukan SMAN 9 Bulukumba di bawah Komando Muhammad Safri, S.Pd, MM sebagai kepala UPT Satuan Pendidikan, Sabtu (3/7) kemarin, melaksanakan kegiatan In House Training (IHT) Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang dibuka Kacabdisdik Wilayah V, Haris, S.Kom, MM.

Ketika membuka Kegiatan IHT SMAN 9 Bulukumba, Kacabdisdik Wiayah V didampingi Pengawas Pembina Dra Hartaty Hamid, M.Pd dan Pengawas SMA Mursaling, S.Pd, M.Pd, menyampaikan kekagumannya kepada Kepsek Muhammad Safri dan seluruh guru yang menjadi peserta IHT yang telah memperlihatkan kekompakan dan kebersamaan yang luar biasa.

Hal ini terlihat dari seragam pakaian yang digunakan seluruh guru yang menjadi peserta IHT membuat Kacabdisdik Wilayah V kagum dan menyampaikan apresiasinya saat membuka kegiatan ini. Ia berharap kekompakan dan kebersamaan ini tetap terjalin di masa-masa mendatang karena menjadi modal besar dalam memajukan dan meningkatkan kualitas anak-anak didik di SMAN 9 Bulukumba.

READ  Wujudkan Layanan Berkualitas, Kepsek dan Pengawas Pembina SMKN 9 Makassar kunjungi rumah siswa di Pulau Lakkang

Pada kegiatan IHT yang akan dilaksanakan 5 hari (3-7/7) ini, katanya, seremonial pembukaannya juga sangat luar biasa karena dikemas dengan sangat baik, terstruktur dan mirip-mirip kegiatan yang dilaksanakan di hotel-hotel berbintang, bagus pembawa acaranya (MC), kita menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, bagus pembacaan doanya, ada sambutan-sambutan, kemudian ada penutup, dan dilanjutkan dengan materi-materi.

Menurut Haris, seremonial pembukaan kegiatan seperti ini sudah jarang dijumpainya di era sekarang ini. Padahal manfaatnya sangat luar biasa bagi kita, generasi muda kita termasuk siswa-siswi kita, seperti menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya secara bersama-sama sebenarnya menjadi keharusan untuk dilakukan di setiap kegiatan, baik kegiatan guru maupun kegiatan siswa.

READ  Sebanyak 498 Orang Guru Berebut 40 Kuota Diklat Calon Kepala Sekolah

“Seremonial pembukaan seperti ini sangat penting dan memiliki nilai manfaat yang luar biasa guna menanamkan rasa memiliki, rasa patriotisme, rasa nasionalisme kita, rasa militansi kita dan siswa-siswi kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sama-sama kita cintai,” kata Pria yang berlatarbelakang Jurnalis ini.

Pada kesempatan itu, Haris juga menyampaikan harapannya agar menjaga diri dan siswa-siswi kita, karena akhir-akhir ini penyebaran Covid-19 kembali melonjak orang yang positif terkena virus dan sasarannya adalah anak-anak umur 0-18 tahun, bahkan telah banyak anak-anak yang meregang nyawa akibat virus Corona di Pulau Jawa dan Bali.

Olehnya itu, penerapan protokol kesehatan (Prokes) menjadi harga mati di setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah yakni wajib memakai masker, rajin-rajin mencuci tangan pakai sabun atau handsanitizer, menjaga jarak, dan mencegah kerumunan.

Terkait pelaksanaan IHT ini bagi guru SMAN 9 Bulukumba jelang tahun pelajaran baru, Kacabdisdik Wilayah V menghimbau kepada seluruh guru untuk memanfaatkan momentum IHT ini untuk membuat perangkat-perangkat pembelajaran yang inovatif yang dapat menarik minat siswa untuk ikut proses pembelajaran secara daring atau virtual (Belajar dari Rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh, red) di masa Pandemi Covid-19.

READ  Kacabdisdik Wilayah V Ajak Guru dan Pegawai SMAN 2 Bulukumba Untuk Bersama-sama Perangi dan Berantas Pungli

Sementara Kepsek Muhammad Safri, dalam laporannya menyampaikan bahwa di IHT ini akan dimanfaatkan guru untuk membuat RPP secara lengkap, dan di akhir kegiatan akan dilakukan validasi RPP oleh Pengawas Pembina.

“Skenario pelaksanaan kegiatan IHT ini yang digelar selama 5 hari ini yaitu 2 hari pemberian teori dan 3 hari untuk praktik, dan pihaknya menfasilitasi guru dengan melibatkan semua operator, kelompok MIPA dan bahasa untuk membantu bersama-sama merampungkan buku 3 KTSP agar kita betul-betul siap memasuki Tahun Pelajaran 2021/2022,” katanya.

 

Penulis : HRS

Editor.   : AB