BATARAMEDIA.COM | Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah V Bantaeng – Bulukumba, Haris, S.Kom, MM, Senin hari ini (28/6), untuk kesekian kalinya kembali berkunjung ke SMAN 19 Bulukumba yang beralamat di Jalan Sukun, GusungE, Kel Jalanjang, Kec Gantarang, Kabupaten Bulukumba.

Kehadiran Kacabdisdik Wilayah V kali ini untuk menghadiri undangan resmi Kepala UPT SMAN 19 Bulukumba, Sahabuddin, S.Pd, M.Pd, untuk membuka sekaligus memberikan pengarahan terkait dengan pelaksanaan In House Training (IHT) yang mengangkat tema “Meningkatkan Proses Belajar Mengajar (PBM) Tahun Pelajaran 2021/2022”.

Kacabdisdik Wilayah V yang berdarah Bugis Sinjai – Bone ini, menegaskan kepada seluruh guru SMAN 19 Bulukumba bahwa menjelang tahun pelajaran 2021/2022, perlu persiapan-persiapan yang matang sebelum pelaksanaan PBM di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda negara kita saat ini.

“Dampak Virus Corona ini memaksakan kita untuk menggelar PBM secara daring (dalam jaringan, red) atau tatap muka maya atau secara virtual. Olehnya itu, perlu ada strategi-strategi jitu dan inovasi yang menarik siswa dari seluruh guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah (BDR) untuk mencegah kebosanan dan kejenuhan siswa-siswi kita dalam proses pembelajaran,” ucap Haris yang berlatarbelakang Jurnalis ini.

READ  Wabup Bulukumba Harap Pameran Produk Pertanian di SMKN 10 Bulukumba Lahirkan Petani Milenial yang Bangga Jadi Petani

Selain itu, Kacabdisdik Wilayah V, tetap menghimbau kepada seluruh guru yang menjadi peserta IHT SMAN 19 Bulukumba, untuk memberikan layanan PBM kepada siswa yang tidak bisa mengikuti PBM daring dengan cara kunjungan rumah atau menghadirkan siswa bersangkutan di sekolah untuk diberikan pembelajaran, dengan tetap mengacu kepada Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat sesuai himbauan Pemerintah.

“Jangan ada siswa kita dirugikan karena terkendala masalah jaringan atau tidak ada fasilitas handphone atau tidak memiliki kuota internet sehingga tidak ikut PBM Daring. Di sinilah dibutuhkan kehadiran dan fungsinya guru untuk menggunakan strategi-strateginya agar tetap memberikan layanan pendidikan kepada siswa-siswi yang menemui kendala,” harapnya.

Di hadapan para guru peserta IHT dan Pengawas Pembina SMAN 19 Bulukumba Hj Rosmaya Umar, S.Pd, M.Pd, serta pengawas satuan pendidikan (Satdik) SMA Bulukumba, Mursaling, S.Pd, MPd, Kacabdisdik Wilayah V yang dikenal berhabat ini, menyampaikan apresiasinya atas kerja-kerja Kepala UPT SMAN 19 Bulukumba Sahabuddin, S.Pd, M.Pd untuk memajukan sekolahnya, termasuk menggeliatkan kegiatan-kegiatan positif di sekolahnya.

READ  Peletakan batu pertama Masjid Ar-Ridwan SMKN 9 Makassar

Termasuk memberi apresiasi atas pelaksanaan IHT jelang Tahun Pelajaran baru 2021/2022. Kegiatan guru semacam ini, katanya, perlu digiatkan di seluruh satuan pendidikan. Demikian juga kegiatan-kegiatan positif yang terkait peningkatan kompetensi siswa juga perlu digiatkan dan dimasifkan di satuan pendidikan.

Di masa pandemi Corona saat ini, yang perlu menjadi perhatian kita adalah setiap kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan sekolah harus mematuhi prokes untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan handsanitizer, dan menjaga jarak (3M).

Haris mengatakan, pelaksanaan IHT ini menjadi salah satu bukti adanya keseriusan kepala UPT Satdik dalam mengelola satuan pendidikan dan menggenjot sumberdaya guru menjelang tahun ajaran baru Juli mendatang.

READ  Masa Pandemi Covid-19 Masih Melanda, SMAN 5 Bulukumba Kembangkan Media Pembelajaran Digital

Olehnya itu, Haris meminta kepada seluruh guru yang menjadi peserta IHT, agar memanfaatkan momentum kegiatan ini untuk bertukar pikiran, bertanya, dan menimbah ilmu kepada seluruh pemateri terkait dengan penggunaaan perangkat pembelajaran yang inovatif jelang tahun pelajaran baru di masa pandemi Covid-19.

Sementara kegiatan IHT ini, menurut Kepsek Sahabuddin, akan dilaksanakan selama 3 hari (28-30/6) di Aula SMAN 19 Bulukumba. Dan mengharapkan agar seluruh guru yang ikut IHT mengikuti dengan saksama dan serius seluruh rangkaian dan materi yang didapat agar bisa menjadi bekal untuk memasuki tahun pelajaran 2021/2022 yang dimulai Juli mendatang.

 

Penulis : HRS

Editor.   : AB