BATARAMEDIA.COM, Kepulauan Selayar Keberadaan H Ongka (53) ayah dari sang duda Sardona yang tewas dengan kondisi tubuh berserakan pasca melempar bom ikan di Taka Gantarang dalam wilayah Kawasan Taman Nasional Laut Taka Bonerate, Rabu (01/09/21) sekitar jam 10.00 Wita kemarin sudah tak diketahui rimbanya. Sementara rumahnya di Dusun Tinabo Desa Tarupa Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan sudah kosong tak berpenghuni. Yang lebih ironisnya lagi karena tak satupun tetangga dan warga sekitarnya yang mengetahui kepergian oknum yang diduga sebagai pelaku pembom ikan ini bersama keluarganya.

Hingga saat ini kata Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Taka Bonerate, Iptu Kasman menyebutkan bahwa setelah kita turun langsung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mendatangi rumah kediaman H Ongka di Dusun Tinabo, Kamis (02/09/21) kemarin tak satupun warga yang melihat korban bersama ayahnya H Ongka turun melaut pada Rabu (01/09/21) sekitar pukul 09.00 Wita. Apalagi tidak ada satupun yang mengaku melihat potongan tubuh Sardona dibawa oleh ayahnya ke kampung Tinabo. Termasuk proses penguburannya tidak ada yang mengetahuinya. Jika seandainya ada potongan tubuh korban yang sempat dibawa ke Dusun Tinabo tentu kami sebagai masyarakat dan pemerintah akan ikut membantu proses penguburannya. Bahkan terakhir saya tanyakan kepada kepala dusunnya bahwa hingga saat ini kami masih menunggu keberadaan potongan-potongan tubuh korban. Namun sampai saat ini H Ongka tak kunjung datang.”

READ  Di Hari IWD 2021, Ketua Perempuan Bangsa PKB Ajak Maknai Kepemimpinan Perempuan

Dalam proses pencarian dan pengumpulan data serta informasi, Polsek Taka Bonerate diback up dari BKO Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Selayar. Sehingga hasil akhir dari koordinasi anggota tadi malam masih seperti pada pemberitaan sebelumnya. Yaitu tak sapun potongan-potongan tubuh korban yang ditemukan. Lagi pula belum ada satupun warga yang berani mengungkapkan seputar keberadaan potongan atau bagian tubuh dari Sardona yang didapatkan. Kalapun misalkan ada potongan tubuh itu maka kami sebagai warga di Desa Tarupa ini akan ikut membantu penguburannya.” Iptu Kasman menjelaskan kepada media ini pagi tadi, Jumat (03/09/21).

“Saya sendiri bersama H Muspian selaku kepala desa setempat yang mendatangi rumah H.Ongka akan tetapi saat tiba disana, rumahnya sedang tertutup. Warga sekitar juga ditanya dan mereka menjawab jika besar kemungkinannya tadi malam mereka kabur meninggalkan rumahnya. Meskipun begitu lanjut Iptu Kasman, pihaknya tetap akan mencari informasi dan mengumpulkan data-data mengenai keberadaan H Ongka ini.” pungkasnya.

READ  DPP LSM LEMKIRA puji kinerja Desa Lasitae Kab.Barru

Awal informasi tewasnya Sardona ungkap Kapolsek, ketika warga setempat melihat kerumunan ibu-ibu yang memperbincangkan jika anaknya dari H. Ongka tewas di Taka Gantarang setelah melemparkan bom dari atas jollornya. Tetapi setelah ditanya ibu yang mana yang pertama kali kita dengar memperbincangkan kejadian maut ini, namun mereka jawab sudah tidak tau yang memulai. Sementara tetangga dekatnya yang ingin ditanya juga sudah menghindar.” tambahnya.

Saat H Ongka pulang dari melaut sempat terdengar suara tangisan histeris yang membuat tetangga korban panik dan mendatangi rumah korban. Ia datang dengan tangan kosong. Sehingga informasi ini masih dianggap kabar yang simpang siur. Iapun berjanji akan menghubungi media ini jika sudah didapatkan informasi dan perkembangan kasus ini yang lebih jelas.” kunci Iptu Kasman.

READ  Kapolres Sinjai Bersama Forkopimda Pantau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Massal

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Faat Rudianto, S. Hut, MP yang hendak dikonfirmasi melalui jaringan selulernya malam ini tidak berhasil. Handphone miliknya juga sedang tidak aktif. Demikian pula Kepala Seksi Wilayah I Tarupa, Raduan, S. Hut serta Kepala Tata Usaha Kantor Balai Taman Nasional Laut Taka Bonerate. Juga telfon genggamnya off. Sementara pesan pendek yang dikirimkan via WhatsAppnya belum mendapatkan respon hingga berita ini diturunkan.

 

 

Penulis : DSJ

Editor.  : AB